DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Apresiasi Pelaksanaan PBK Tahap II

LATIHAN KERJA : Kegiatan peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya. Foto Ist

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya Susi Idawati memberikan apresiasinya kepada pemerintah kota setempat, dalam menekan angka pengangguran.

“Pemko Palangka Raya melalui Balai Latihan Kerja (BLK), sejauh ini semakin gencar melaksanakan berbagai program pelatihan keterampilan. Ini langkah yang baik,” ungkapnya, Senin (1/8/2022).

Menurut Susi, dengan adanya lanjutan pelatihan vokasi dan produktivitas tahap II tahun anggaran 2022, maka sangat berdampak positif bagi masyarakat usia produktif.

Namun terlepas dari itu, srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Nasdem ini berharap, adanya upaya meningkatkan kualitas SDM juga bisa berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Dengan memiliki keterampilan, maka dapat memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapat pekerjaan.

Harus disadari kata dia, selama pandemi ini angkatan kerja saat ini lebih sulit mencari pekerjaan dibandingkan angkatan kerja lama. Terutama mereka yang jenjang pendidikannya lebih tinggi. Jika tidak segera ditangani, krisis yang tengah dialami kelompok angkatan kerja baru ini bisa membawa dampak negatif yang berkepanjangan.

“Solusi dari pemerintah daerah dengan membuka berbagai program pelatihan kerja yang berbasis kompetensi akan sangat berguna nantinya bagi pencari kerja. Perusahaan tentu melirik mereka yang punya kemampuan sesuai kualifikasi,” tutur Susi.

Sebelumnya Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Mesliani Tara mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) program pelatihan vokasi dan produktivitas tahap II tahun 2022, yang diikuti sebanyak 144 peserta dengan sembilan kejuruan.

“PBK ini merupakan kerja sama Pemko Palangka Raya dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Kota Bekasi,”bebernya.

Adapun pelatihan yang diberikan meliputi servis sepeda motor, mengerjakan finishing dengan teknik semprot, computer operator assistant, menjahit pakaian dengan mesin, pemeliharaan dan perbaikan AC untuk rumah tangga, tata kecantikan kulit, bakery, dan teknik pengelasan.

“Peserta PBK ini akan mengikuti pelatihan hingga 30 Agustus 2022 sesuai dengan jumlah jam pelajaran yang diberikan,”sebutnya. (VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *