Gunung MasHEADLINE

Gumas Berhasil Kantongi Juara Tiga Lomba Karnaval FBIM 2019

"Sepengetahuan saya, baru kali ini kontingen Gunung Mas berhasil meraih juara pada cabang lomba karnaval," ujarnya, Kamis (20/6/2019).

KARNAVAL : DWI/BS – Kontingen Kabupaten Gunung Mas ketika menampilkan kekayaan budayanya pada lomba karnaval Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2019 di Jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya, Rabu (18/6/2019).

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Catatan sejarah kembali diukir kontingen Gunung Mas pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2019 di Kota Palangka Raya.

Pada cabang lomba karnaval budaya, kabupaten berjuluk Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu berhasil menyabet juara ketiga.

Sedangkan untuk juara pertama, menjadi milik Kontingen Kabupaten Barito Selatan, dan Juara kedua untuk kontingen Kabupaten Kapuas.

Ketua Kontingen FBIM Gunung Mas, Brikson menyampaikan apresiasinya atas kerja keras timnya menampilkan yang terbaik dalam lomba karnaval budaya tersebut.

“Sepengetahuan saya, baru kali ini kontingen Gunung Mas berhasil meraih juara pada cabang lomba karnaval,” ujarnya, Kamis (20/6/2019).

Prestasi itu patut disyukuri bersama. Artinya, kebudayaan suku Dayak yang dipamerkan Gunung Mas memenuhi kriteria penilaian dan mendapat antusiasme masyarakat Kalimantan Tengah.

“Tema karnaval kita yaitu budaya atau ritual adat Laluhan. Ini merupakan salah satu budaya yang masih terjaga di daerah kita sampai saat ini. Kita sepakat untuk menampilkan Laluhan yang menjadi salah satu ritual sakral dalam acara Tiwah,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!