Kalimantan Tengah

Deputi Kemenpolhukam RI Kunjungi Kalteng

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah, H. Nuryakin menerima kunjungan kerja Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, di Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya, Rabu (15/2/2023).

Kunjungan dalam rangka melaksanakan pemantauan dan inventarisasi data terkait kebijakan bidang tata kelola pemerintahan khususnya pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kunjungan kerja ke Pemprov Kalteng dilakukan pada tanggal 14 s.d 17 Februari 2023.

Nuryakin menyampaikan telah menerima lembar hasil evaluasi RB tahun 2022 dan memperoleh nilai 62,29 dengan Predikat B, dan ada peningkatan dibanding dengan pencapaian pada tahun 2021 (59,73 predikat CC).

Nuryakin menjelaskan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada mengalami peningkatan, yaitu kualitas kebijakan, kualitas pengelolaan pengadaan barang dan jasa, kualitas pelayanan publik, dan kapabilitas APIP serta ada peningkatan sedikit di SPBE yaitu 1,9 dari tahun sebelumnya hanya satu.

“Gubernur sudah memerintahkan kita, bagaimana pemanfaatan digitalisasi khusnya SPBE harus dimaksimalkan,” ujar Nuryakin.

Nuryakin berharap, Kalimantan Tengah terus berbenah untuk semakin baik, tidak hanya mengejar nilai dan predikat namun yang paling penting adalah bagaimana terpenuhinya 8 area perubahan yang berwujud nyata dalam kinerja.

Sementara itu, Asisten Deputi Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan, Y. Syaiful Garyadi mengutarakan bahwa tim dari Kemenko Polhukam  akan melakukan kunjungan kerja ke Diskominfo dalam rangka penguatan SPBE provinsi khususnya ke aplikasi dan infrastruktur. Selain itu juga, rencananya akan ada pertemuan dengan Kepala Daerah di Prov. Kalteng membahas RB dan SPBE  sebelum/setelah lebaran.

“Kita akan ada kunjungan ke Kominfo, dan juga akan mengadakan pertemuan dengan Kepala Daerah,” pungkas Syaiful.

Kunjungan Asisten Deputi di dampingi Analis Kebijakan Ahli Madya bidang SDM dan Pengawasan Aparatur Ardiansyah Achirul Putra, Analis Kebijakan Ahli Madya bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Situ Nurhayati, Kepala Bagian Administrasi RM. Riandi Joko Sulistyono, Analis Kebijakan bidang Kelembagaan dan Ketatalaksanaan Ahmad Kevin Maulana dan PPNPN Pierre Victorio Catur Wibowo. (Red/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!