HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Wagub Melepas Secara Resmi Penyaluran Cadangan Beras untuk Penerima Bantuan Pangan

“Pemerintah Pusat maupun Daerah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah, dengan tujuan agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya,” kata Wagub.

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo lepas penyaluran cadangan beras Pemerintah untuk bantuan pangan beras Provinsi Kalteng tahun 2023, bertempat di depan Lobby Utama Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (6/4/2923).

Wagub mengatakan pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi, karena merupakan sumber energi untuk mempertahankan hidup. “Pemerintah Pusat maupun Daerah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah, dengan tujuan agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya,” kata Wagub.

Lebih lanjut Wagub mengungkapkan penyaluran bantuan pangan beras ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam meningkatkan akses pangan bagi masyarakat, melalui pemberian Bantuan Pangan Beras (BPB) yang bersumber dari Cadangan Beras Pemerintah selama tiga bulan alokasi, yaitu bulan Maret, April, dan Mei 2023.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan menyalurkan Bantuan Pangan Beras, yang diberikan kepada 117.503 Penerima Bantuan Pangan (PBP), dengan total bantuan beras sebanyak 1.175.030 Kg. Setiap Penerima Bantuan Pangan (PBP) akan mendapatkan masing-masing 10 Kg beras per alokasi penyaluran,” jelas Wagub.

Wagub berharap, pemberian BPB ini dapat tersalurkan 100 persen, sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, dan mengendalikan dampak inflasi. “Semoga para Penerima Bantuan Pangan (PBP) segera dapat merasakan manfaatnya, sehingga bisa meringankan beban mereka selama beberapa waktu ke depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Riza Rahmadi menyampaikan penyaluran bantuan pangan beras ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sasaran sebagai upaya untuk melindungi produsen dan konsumen akibat gejolak harga pangan dan mengendalikan dampak inflasi.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan penyerahan bantuan beras secara simbolis kepada seluruh masyarakat, yang diwakili oleh masyarakat Kelurahan Panarung dan Kelurahan Langkai Kota Palangka Raya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.

(Dn/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!