Kalimantan Tengah

Sekda Kalteng : Pendapatan Daerah Harus Meningkat

FOTO : H. Nuryakin (kiri)

Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng menghadiri Entry Meeting Asistensi Penerapan Manajemen Risiko Pembangunan Nasional Lintas Sektor pada Program Peningkatan Pajak Alat Berat Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024, bertempat di Ruang Rapat Bajakah Utama, Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (28/5/2024).

Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin menyampaikan, sebagaimana diketahui bahwa pembangunan bisa dilaksanakan kalau ada pendapatan, sementara melihat Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan kewenangan dari provinsi yang salah satunya adalah pajak.

“kita berharap dengan meningkatkan pendapatan ini, kita bisa belanja dan melakukan pembangunan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya Sekda mengatakan bahwa jika menurut ketentuan yang telah ditetapkan, semua kegiatan-kegiatan investasi yang ada di Kalimantan Tengah alat beratnya adalah berasal dari Kalteng. Namun pada kenyataannya mobil dan alat berat banyak beroperasi, tetapi tidak membayar pajak di Kalteng. Sehingga penerimaan pajak, khususnya alat berat masih belum optimal, maka untuk mengoptimalkan penerimaan PAD alat berat tersebut maka perlu adanya sinergi.

“Kalau realisasi penerimaan PAD bisa meningkat maka target dianggap berhasil, dan kita bisa mengukur pendapatan kita tahun ini berdasarkan dari potensi tadi, sedangkan potensi itu datanya ada pada beberapa perangkat daerah” tandasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah Prov. Kalteng Anang Dirjo, mengatakan bahwa potensi PAD Kateng tahun 2019 adalah sebesar 6,4 Miliar dan terealisasi sebesar 5,8 Miliar, namun kendala pada saat itu muncul keputusan MK Nomor 15 tahun 2017 yang dimenangkan penggugat perkebunan swasta, pengusaha se Indonesia bahwa pajak alat berat itu tidak adil.

Disebutkannya pula, bahwa sesuai data tahun 2019 di Kalimantan Tengah alat berat terdapat sebanyak 3.189 unit yang ada di sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan, namun dari sekian banyak alat berat tersebut, masih ada yang sistem sewa baik dari Banjarmasin, Kaltim dan di luar pulau, sehingga pontensi yang ada tersebut tidak bisa memberikan PAD bagi Kalimantan Tengah.

Dengan diberlakukannya kembali pajak alat berat ini, semoga bisa memberikan kontribusi untuk PAD dan nanti akan dialokasikan anggaran, sehingga kegiatan ini bisa betul-betul optimal menggali potensi alat berat maupun potensi bahan bakar bermotor.

“Diharapkan dengan adanya dukungan anggaran dan teknologi canggih, mudah-mudahan PAD kita semakin meningkat” sebut Kepala Bappenda.

Pada kesempatan yang sama Korwas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Dwito Santoso mewakili Kepala BPKP Prov. Kalteng memaparkan, persoalan yang terjadi selama ini adalah terkait dengan ketersediaan database alat berat, selain itu penguasaan dan kepemilikan alat berat yang beroperasi dari luar Kalteng.

Selanjutnya, perlu dibahas bersama dalam rangka mencapai target penerimaan pajak alat berat, sehingga output dari kegiatan asistensi ini diharapkan berupa daftar resiko dan mitigasinya, serta tindak pengendaliannya untuk mencegah resiko-resiko yang sudah diindentifikasi bersama, dalam mencapai tujuan dari penerimaan PAD alat berat tersebut.

Tampak hadir pada kegiatan Entry Meeting ini, mewakili Inspektorat (moderator), mewakili Dinas PTSP Prov. Kalteng, mewakili Dinas PUPR Prov. Kalteng, dan mewakili BKAD Prov. Kalteng. (Mmc/mara)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!