Barito Timur

KPU Bartim Petakan TPS Lokasi Khusus Untuk Pemilu 2024

Foto : KPU Kabupaten Barito Timur melakukan foto bersama dengan Forkopimda.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – KPU Kabupaten Barito Timur mulai melakukan pemetaan di beberapa lokasi yang kemungkinan dapat mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Hal ini diketahui saat KPU Kabupaten Barito Timur menggelar Rapat Koordinasi Pembentukan TPS Khusus pada Pemilu 2024 yang diselenggarakan di aula hotel.

“Hal ini sebagai bentuk pemenuhan hak pilih semua pemilih yang dipastikan tidak berada di wilayah domisili administrasinya pada saat hari pemungutan suara,” kata Anugarahadi, Senin (26/12/2022).

Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan dari lembaga atau instansi yang berpotensi didirikan TPS, diantaranya, Rumah Sakit, Rumah Tahanan, Lembaga Pemasyarakatan, Kepolisian dan juga lainnya.

Selanjutnya, pihaknya akan mendata pemilih di lokasi lainnya dengan kriteria pemilih yang pada hari pemungutan suara tidak dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan domisili pada KTP elektronik, pemilihan tersebut terkonsentrasi di suatu tempat, dan jumlah pemilih dapat di bentuk satu TPS.

Dalam teknis pendataan dan pemuktahiran data pemilih di lokasi khusus, pihaknya berkoordinasi dengan penanggung jawab lokasi khusus untuk pemuktahiran data pemilih.

Lanjutnya, juga untuk mendapatkan daftar potensial pemilih dari pejabat yang berwenang di lokasi khusu tersebut.

“Tujuannya untuk mendapatkan kondisi data pemilih di lokasi/wilayah khusus yang tidak memungkinkan untuk menggunakan hak pilih di TPS pemilih tersebut terdaftar, mengidentifikasi potensi kendala, dan menyusun rancangan kebijakan dan pengaturan terkait dengan pendaftaran dan pemuktahiran data pemilih dengan kondisi khusus,” ujarnya.

Potensi TPS dan pemilih dilokasi khusus untuk wilayah Kecamatan Paju Epat ada 6 TPS dengan jumlah 1.059 orang, Kecamatan Paku 2 TPS dengan jumlah 294 orang, Kecamatan Dusun Tengah 2 TPS pemilih 299, Pematang Karau 4 TPS pemilih 783, Karusen Janang 2 TPS 299 pemilih, Patangkep Tutui 1 TPS 198 pemilih, dan Kecamatan Benua Lima 2 TPS dengan 437 pemilih. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *