EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Latih Kejujuran Siswa Melalui Transaksi Kantin

“Di sekolah kami ada koperasi yang dibuat seperti kantin kejujuran, jadi tidak ada penjaganya. Anak-anak membeli sendiri keperluan di koperasi dan membayar sendiri di tempat yang sudah disediakan serta mengambil kembalian sendiri,” kata Guru Pembina Koperasi SDN 4 Ketapang, Asykuriah, Kamis 24 November 2022.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Istilah kantin kejujuran tentu tidak asing lagi, terutama dalam dunia pendidikan. Di sekolah kerap kali dibangun kantin kejujuran untuk melatih peserta didik bersikap jujur pada saat membeli maupun melakukan pembayaran secara mandiri.

“Di sekolah kami ada koperasi yang dibuat seperti kantin kejujuran, jadi tidak ada penjaganya. Anak-anak membeli sendiri keperluan di koperasi dan membayar sendiri di tempat yang sudah disediakan serta mengambil kembalian sendiri,” kata Guru Pembina Koperasi SDN 4 Ketapang, Asykuriah.

Lanjutnya, ada atau tidak disediakan uang kembalian, tujuan kantin kejujuran adalah untuk melatih penerapan dan pembiasaan sikap mulia yaitu jujur.

“Kejujuran yang dimaksud disini tidak saja berguna di dunia tetapi juga untuk bekal di akhirat. Serta dari kantin kejujuran ini diharapkan kedepannya di negara kita tercinta ini tidak ada lagi yang namanya korupsi,” tegasnya.

Lanjutnya, namun tidak setiap hari hal itu diterapkan. Ada beberapa hari yang sudah dijadwalkan untuk peserta didik menjaga koperasi bersama guru piket, sehingga secara langsung mengajarkan peserta didik untuk mengelola koperasi.

“Koperasi ini menjual berbagai macam alat tulis sekolah dan juga sejumlah produk olahan dari peserta didik bersama guru. Yaitu macam-macam makanan dengan bahan dasar nanas serta buah lainnya,” bebernya. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *