DPRD Kota Palangka Raya

DPRD Palangka Raya Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan untuk Cegah DBD

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) termasuk wilayah Kota Palangka Raya saat ini, masih sering diguyur hujan dengan intensitas rendah, sedang hingga tinggi.

Menurut Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi, dengan kondisi wilayah Palangka Raya yang masih diguyur hujan, maka diharapkan partisipasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan.

“Pada musim saat ini sangat rentan sekali dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), maka dari itu masyarakat harus bisa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” katanya, Rabu, (05/06/2024).

Menurutnya, menjaga kebersihan lingkungan dan memahami pentingnya edukasi dari instansi teknis adalah langkah kunci dalam mencegah DBD.

DBD semdiri adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti yang kerap muncul saat musim penghujan. Karena itu harus ada upaya mencegah berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti tersebut.

Karenanya, kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat penting dalam mencegah penyebaran DBD.

Sementara itu upaya mengoptimalkan pemberian edukasi kepada masyarakat harus dilakukan pemerintah melalui instansi terkaitnya. Sebab, dengan edukasi itu, setidaknya dapat mengingatkan dan memberikan pemahaman tentang pentingnya mencegah DBD.

“Namun demikian harus disadari pencegahan DBD tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tugas bersama,” ungkap Hasan.

Selebihnya ia mengimbau masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, agar terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama pada saat musim hujan seperti sekarang ini. (GH)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!