DPRD Kota Palangka Raya

Dewan Apresiasi Langkah Puskesmas Bukit Hindu Deteksi Dini Stunting

Gerakkalteng.com, Palangka Raya – Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini memberikan apresiasi atas langkah yang diambil oleh UPT Puskesmas Bukit Hindu dalam melakukan Gerakan Serentak Mengukur dan Menimbang Anak Dibawah Lima Tahun (Gemas Balita), sebagai upaya deteksi dini stunting.

Menurutnya, melalui Gemas Balita menjadi langkah yang tepat dalam pencegahan dan penanggulangan stunting, sekaligus sebagai langkah deteksi dini untuk memberikan intervensi yang tepat waktu kepada anak-anak yang berisiko mengalami masalah gizi kronis.

Oleh karena itu jelas dia, peran strategis UPT Puskesmas Bukit Hindu dalam menjalankan program Gemas Balita adalah sebagai bagian dari upaya Pemko Palangka Raya dalam menangani stunting, sehingga program tersebut bisa menurunkan angka stunting.

“Melakukan pengukuran dan penimbangan secara berkala terhadap anak-anak balita, Puskesmas ini telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendeteksi dini potensi stunting dan memberikan penanganan yang sesuai,” ungkap Norhaini, Kamis (4/7/2024).

Lebih lanjut ia menekankan, bahwa urgensi deteksi dini stunting, adalah sebagai langkah awal dalam menanggulangi masalah gizi kronis yang dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Harus disadari, stunting merupakan masalah serius di sektor kesehatan yang menjadi perhatian. Karena stunting dapat mengganggu tumbuh kembang anak,”ungkapnya.

Sementara itu, dengan adanya program Gemas Balita yang dilaksanakan secara serentak, diharapkan anak-anak yang berisiko stunting dapat segera mendapatkan perhatian dan intervensi yang diperlukan.

“Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan lembaga terkait, sangatlah penting dalam mensukseskan program deteksi dini stunting di Palangka Raya,” pungkas Norhaini. (GH)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!