Barito Timur

Pemkab Barito Timur Siapkan Lahan Lima Hektare Untuk Bangun Universitas dan Rumah Sakit

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit dan Universitas Barito Raya yang telah direncanakan oleh Gubernur Kalimantan Tengah.

“Kita menyiapkan lahan pada tahun ini seluas lima hektare yang bisa untuk pembangunan Universitas Barito Raya dan Rumah Sakit Pratama,” kata Ampera A.Y Mebas, Kamis (4/8/2022).

Ujar Ampera, lahan yang sudah disiapkan berada di wilayah Kecamatan Dusun Tengah. Kata Bupati, lokasi tersebut sangat strategis karena memudahkan masyarakat di wilayah DAS Barito Timur sebab jarak yang ditempuh sangat dekat.

Lokasi lahan yang disediakan itu bisa ditempuh sekitar 60 menit dari Buntok, Kabupaten Barito Selatan dan sekitar dua jam setengah melalui jalur darat dari Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara dan sekitar empat hingga lima jam dari Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya.

Disampaikan Bupati dua periode ini, apabila dari Kabupaten tetangga Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara, Tanjung Kabupaten Tabalong dan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel menuju Ampah Kecamatan Dusun Tengah bisa memerlukan waktu kurang lebih dua jam.

“Upaya yang dilakukan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran yakni untuk meningkatkan SDM masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya di wilayah DAS Barito. Kita berharap di bangun di wilayah Dusun Tengah,” harap Ampera.

Lebih lanjut, dijelaskan bupati, upaya pembangunan Universitas Barito Raya itu merupakan salah satu upaya Percepatan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah di wilayah DAS Barito untuk mendukung ibu kota.

Dalam penguatan Kabupaten Barito Timur yang berbatasan langsung dengan Kalsel dan menjadi pintu gerbang IKN di Kalteng, juga ikut menyiapkan pembangunan strategis seperti rumah sakit pratama.

“Tahun depan mulai dibangun dan sumber dananya dari APBN,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!