Barito Timur

Jabatan 6 Kades di Patangkep Tutui Akan Habis

Foto : Camat Patangkep Tutui, Simon Stevins Oktavianus.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Sebanyak 86 Desa di Barito Timur yang akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2023 mendatang. Para kades akan di desa-desa tersebut akan berakhir masa jabatan dalam beberapa bulan lagi.

“Enam Desa di Patangkep Tutui itu memang sudah masanya pemilihan kembali, bersamaan dengan Pilkades serentak di 86 desa se- Kabupaten Barito Timur. Sekarang ini pihak desa memasuki tahapan persiapan pemilihan,” kata Camat Simon, Rabu (1/3/2023).

Kemudian, tahapan persiapan Pilkades juga diawali pembentukan dan penetapan Panitia Pelaksana dan Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Desa (P3KD).

“Penetapan Panitia Pelaksana dan P3KP itu melalui proses rapat musyawarah bersama yang diselenggarakan oleh BPD masing-masing desa,” ujarnya lagi.

Kata Camat ini, Panitia Pelaksana Pilkades harus dibekali pengetahuan mengenai aturan legalitas hukum Pelaksana Pilkades.

“Jadi penting bagi panitia untuk mendokumentasikan semua tahapan tersebut secara visual, sebagai bukti semuanya telah dilaksanakan sesuai aturan hukum yang berlaku,” jelasnya.

“Agar ketika Pilkades telah selesai, tidak ada masalah di kemudian hari. Jadi ini merupakan antisipasi, dimana ada kesepakatan antara para calon dengan panitia sesuai aturan hukum, yang disertai bukti visual,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!