Palangka RayaSlider

Perkuat Kamtibmas Polda Kalteng Siagakan Tim CRT

Crisis Responsive Team (CRT) Polda Kalteng

Palangka Raya, GK –  Menyikapi perkembangan situasi kamtibmas di Kalteng dan Indonesia pada umumnya, Polda Kalimantan Tengah membentuk dan membina tim khusus bernama Crisis Responsive Team. Tim ini hadir untuk memberikan rasa aman dan menjadi wujud pelayanan Polda Kalteng dalam menjamin stabilitas keamanan daerah.


Kepada gerakkalteng.com, Kabid Humas Polda Kalteng, AKBP Pambudi Rahayu, Senin , (21/08)  menjelaskan, Polri terus dituntut untuk berbenah dan dituntut kesiapsiagaan dan ketanggapsegeraan terhadap perubahan situasi yang terjadi. Menyikapi hal ini, Polda Kalteng membentuk tim khusus berjuluk tim CRT alias Crisis Responsive Team yang bergerak kapan saja dan bilamana saja, Tim ini bergerak jika nantinya ditemukan kriminalitas, penyakit masyarakat, pelanggaran hukum, perkembangan tindak pidana , gangguan kamtibmas dan gangguan keamanan khusus  lainnya.

Tim ini juga memiliki kemampuan khusus melalui pelatihan dan pembinaan yang telah digiatkan. Selain itu juga, tim dibekali peralatan dan persenjataan khusus dari laras pendek sampai senjata laras panjang, ditambah kendaraan-kendaraan khusus.

“Di tiap Polres telah disiapkan masing-masing 10 orang untuk CRT di tiap Polres. Sementara di Polda Kalteng telah tergabung sekitar 60 orang yang menjadi tim CRT Polda Kalimantan Tengah”, jelasnya.

Dalam tugasnya, tim CRT Polda Kalteng   bergerak atas dasar komando Direskrimum Polda Kalteng, Sementara untuk Polres dikomandani oleh Kapolres setempat. Tim ini juga aktif berpatroli dan berkeliling memetakan titik rawan dan siap bergerak jika terjadi suatu gangguan kamtibmas.

Lebih jauh Kabid Humas menjelaskan, tim CRT ini merupakan sebuah tim reaksi cepat yang bertugas menangani secara cepat masalah-masalah penyakit kriminal di dalam masyarakat yang mengganggu Kantibmas. Selain bergerak lincah, anggota tim sebagian siaga dan bersifat on call yakni siap kapan saja dibutuhkan. (Sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!