Pulang PisauSlider

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Cipta Menu 3 – B

Pulang Pisau,GK, – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pulang Pisau akan menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi dan Berimbang (3-B)berbasis sumber daya lokal tahun 2017. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat dalam konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi dan Berimbang (3-B). ” Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pulang Pisau yang ke-15 tahun2017 dan perayaan HUT Ripublik Indonesia (RI) ke- 72), Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pulang Pisau akan menggelar  Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi dan Berimbang (3-B)berbasis sumber daya lokal, ” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pulang Pisau, Hanafi di ruang kerjanya, Selasa (18/7) kemarin.


Dikatakan Hanafi, Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi dan Berimbang (3-B)berbasis sumber daya lokal ini akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Handep Hapakat. Sementara untuk peserta lomba, pihaknya menargetkan 33 peserta yang terdiri dari Darma Wanita SOPD di Lingkup Pemkab Pulang Pisau dan Tim Penggerak (TP) PKK yang ada di 8 Kecamatan. Melalui kegitan ini kata Hanafi,  diharapkan prinsip 3-B tidak terbatas pada lomba saja, tetapi diaplikasikan dalam konsumsi sehari-sehari. Sebab, untuk tetap sehat, aktif, cerdas dan produktif setiap individu harus mengkonsumsi anekaragam pangan secara berimbang dari berbagai jenis tanaman, ternak dan ian sebagai sumber karbohidrat, protein serta vitamin dan mineral, karena tidak ada satupun bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi lengkap. ” Penilaian lomba juga akan dipertimbangkan aspek dukungan pemerintah daerah/masyarakat terhadap penerapan konsumsi 3-B. Penerapan 3-B secara teknis dilakukan melalui pendekatan porsi makanan yang sudah desesuaikan dengan Angka Kecukupan Energi (AKE) rekomendasi Permenkes Nomor 75. Tahun 2013 tentang Angka Kecapapaian Gizi bagi bangsa indonesia katanya
Lebih lanjut diungkapkan,  guna memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, Melalui kegiatan ini pihaknya akan mensosialisasikan dan melakukan gerakan terus menerus agar dapat meningkatkan dan ketrampilan serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat menuju Menu Beragam, Bergizi dan Berimbang (3-B). Sedangkan. petunjuk Lomba disusun dengan melibatkan Tim Pengerak (TP) PKK Kabupaten Pulang Pisau, sehingga paduan ini diharapkan dapat menjadi acuan, sekaligus mempromosikan konsumsi pangan 3-B kepada masyarakat. Sementara untuk pemenang dari lomba ini lanjut Hanafi, akan menjadi wakil Kabupaten Pulang Pisau mengikuti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi dan Berimbang (3-B) tingkat Propinsi Kalimantan Tengah. ” Melalui kegiatan ini kita harapakan akan muncul berbagai menu varian baru makanan dengan berbasis bahan lokal, seperti singkong, jagung, pisang, ikan dan lainnya, sehingga konsumsi pangan masyarakat yang beragam,bergizi dan berimbang (3-B) dapat terpenuhi tandasnya.(Hrs)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!