Katingan

Tiga Kecamatan Dianggap Rawan Gesekan

Kabid Kewaspadaan Badan KesbangPol Katingan, Wanto.

KASONGAN,GK- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Kabupaten Katingan telah memetakan wilayah rawan terjadi gesekan masyarakat pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Katingan.

Kepala bidang Kewaspadaan Wanto menyebutkan, tiga wilayah yang masuk zona merah tersebut yakni kecamatan Katingan Hilir, Katingan Tengah, dan Katingan Kuala.

“Masalahnya karena ketiga wilayah kecamatan ini memiliki penduduk yang cukup besar dan beragam. Otomatis pemilihnya pun memiliki perbedaan pandangan terhadap calon yang didukung,” ungkapnya, belum lama ini.

Kendati demikian, sejauh ini kondisi perpolitikan di daerahnya terpantau aman dan terkendali. Dirinya mengajak agar para pasangan bakal calon maupun partai pengusung dapat terlibat dalam mensukseskan Pilkada mendatang.

“Dalam beberapa pemilu ke belakang, memang ada beberapa potensi kerawanan namun kondusifitasnya masih bisa kita redam bersama-sama,” imbuhnya.

Menurutnya, pemetaan wilayah rawan konflik tersebut mengambil sampel Pilgub Kalteng terakhir. Berbagai data kemudian dihimpun dan dirapatkan bersama instansi vertikal, seperti TNI/Polri serta instansi terkait lainnya.

“Tentu sudah menjadi kewenangan kami melakukan upaya untuk menekan tingkat kerawanan agar tidak meningkat menjadi konflik,” katanya.

Sejauh ini, pihaknya terus melakukan kerja sama dengan instansi vertikal dimaksud. Terutama memberikan imbauan dan pemahaman untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

“Contohnya disaat momen Musrenbang tingkat kecamatan nantinya. Kami akan turun serta diempat zona nantinya, intinya Badan Kesbangpol akan melakukan imbauan kepada masyarakat kecamatan hingga desa,” jelasnya.

Dirinya berharap, masyarakat di Kabupaten Katingan tetap berkomitmen untuk mempertahankan empat konsensus bangsa, yakni menjaga keutuhan Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya berharap, baik sejak tahapan awal maupun hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Katingan nantinya daerah kita tetap dalam keadaan aman dan kondunsif,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!