HEADLINEHukum dan Kriminal

Polres Barito Utara Amankan Truk Bermuatan Kayu Ilegal

Muara Teweh,GK-Aparat Polres Barito Utara kini sedang menguber J. Dialah yang diduga sebagai cukong kayu dalam kasus illegal logging yang baru saja diungkap di perbatasan Jalan Negara Muara Teweh-Ampah KM 11.
Kapolres Barito Utara, AKBP Dostan Matheus Siregar melalui Kasat Reskrim AKP Wiwin Juniarto menyebutkan pihaknya kini sedang memburu cukong kayu tersebut.

“Pengakuan para pelaku, mereka sudah beberapa kali melakukan penyelundupan kayu ilegal. Saat ini kami masih memburu cukong kayu yang ada di belakang mereka berinisial J”.paparnya

Untuk informasi, polisi sudah berhasil mengendus cukong kayu yang merupakan pemilik dari 26 meter kubik jenis balau tersebut.

Penyelundupan kayu jenis balau dengan jumlah mencapai 26 meter kubik tersebut, berhasil digagalkan oleh Polres Barut di tugu perbatasan Jalan Negara Muara Teweh-Ampah KM 11, Minggu (18/2/2018) malam hari. Kayu diangkut menggunakan empat unit truk dengan tujuan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Wakapolres Barut, Kompol Novianto Tarjono menjelaskan,  sudah ditetapkan empat orang tersangka yakni MY (37), DA (31), AI (25),  dan SU (50) yang semuanya merupakan sopir truk.

Saat dilakukan pemeriksaan menurut Novianto, semua sopir truk tidak dapat menunjukkan dokumen yang legal.

“Petugas terus mengembangkan kasus tangkapan illegal logging ini. Karena, perintah Kapolda Kalteng sangat jelas yaitu tindak tegas pelaku illegal logging,” tegasnya

Kasatreskrim Wiwin Juniarto  menambahkan para pelaku akan dijerat dengan pasal 82 KUHP ayat 1b juncto 12e Undang-undang nomor 18 tahun 2003 tentang kehutanan. (SBI)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!