Barito TimurDPRD Barito Timur

Legislator Minta Kepala  Desa Segera Selesaikan SPJ ADD dn DD

Wakil Ketua DPRD Bartim Raran, Senin (3/9/2018).

Tamiang Layang,GERAKKALTENG.COM-
Demi Lancarnya Pembangunan diwilayah pedesaan, Kalangan legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bartim meminta kepada kepada para kepala desa agar segera menyelesaikan laporan pertanggungjawaban keuangan penggunaan ADD dn DD tahap I Tahun 2018 dan tahun sebelumnya. Pasalnya jika SPJ tersebut tidak dibuat, dikhawatirkan akan berdampak pada pembangunan didesa yang akan terlambat dan terbengkalai.
“Jika SPJ dan penggunaaan ADD dan DD tahap satu tahun 2018  tidak selesaikan, jangan berharap mendapatkan aliran bantuan di tahap dua tahun 2018,” kata Wakil Ketua DPRD Bartim Raran, Senin (3/9/2018).
Menurut Raran , faktor utama yang menjadi penyebab keterlambatan SPJ oleh kepala desa dari 101 desa yaitu karena kelalaian kepala desa. Bahkan, ada beberapa kepala desa yang tersandung kasus hukum sehingga penyelesaian SPJ tertunda.
“ini jadi pertanyaan kepala desa kanapa belum menyelesaikan SPJ inikan pasti ada apa-apanya,padahal pelatihan untuk mengerjakam SPJ sudah ada pelatihannya,” tanya Raran.
Raran bahwasanya hampir seluruh kepala desa mengalami kesulitan menyelesaikan SPJ, selain tingkat kemampuan para kepala desa sehingga sulit memahami petunjuk pembuatan SPJ. Kepala desa Diharapkan jangan takut maupun ragu untuk meminta bantuan kepada instansi terkait.
“Sebetulnya kalau kepala desa mau mendatangi instansi terkait seperti inspektorat pasti akan dibantu dan selesai, sekarang sudah ada pendamping desa, koordinasinya diharapkan lebih intensif lagi,” pungkasnya.
Sebelumnya Sekda Bartim Ir Eskop  mengaku, seluruh kepala desa dari 101 desa mengalami kesulitan menyelesaikan SPJ. Sedangkan 37 desa lainnya DD dan ADDnya sudah dicairkan.(vri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!