Barito TimurDPRD Barito Timur

Musrenbang Kecamatan, Agar Dapat Diakomodir

DPRD Bartim saat menggelar RDP dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang mekanisme penetapan calon terpilih pada pemilihan legislatif 2019.

Tamiang Layang,GERAKKALTENG.COM-Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim) mengharapkan, aspirasi masyarakat yang telah disampaikan pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan, agar dapat diakomodir, diperhatikan dan dijabarkan dalam kebijakan pembangunan Kabupaten Bartim.

“Semua usulan yang telah disampaikan oleh masyarakat merupakan hasil musyawarah perangkat di desa, dimana aspirasi yang diusulkan sangat prioritas. Maka kami DPRD akan turut mengawalnya nanti,” kata anggota DPRD Gomelson L Bayan.

Politisi PAN ini menjelaskan, aspirasi masyarakat yang telah dijaring oleh masing-masing desa dan kelurahan, tentunya akan menyesuaikan program skala priorita dan tidak keluar dari RPJMD Bartim yang telah ditetapkan.

“Kebutuhan infrastruktur dasar seperti pendidikan, kesehatan, jalan, listrik dan lain sebagainya sudah menjadi program prioritas pemerintah daerah, setiap tahun berkelanjutan dengan dilakukan secara bertahap,” terangnya.

Menurut Gomelson, bila keterbatasan anggaran daerah yang menjadi kendala, tentu program kegiatan yang dilaksanakan menyesuiakan kemampuan keuangan daerah.

“Bila tidak bisa diakomodir secara keseluruhan, maka bisa menjadi bahan dan program lanjutan ke depan. Kecuali ada kegiatan dan program yang betul-betul mendesak dan sangat dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Gomelson, walaupun diketahui bersama Pemerintah Kabupaten Bartim telah berupaya semaksimal untuk membenahi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui program yang telah direncanakan sesuai dengan skala prioritas pembangunan yang telah ditetapkan.

“Namun masih banyak tuntutan dan harapan masyarakat terhadap pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah belum terakomodir secara keseluruhan,” ungkapnya.

Gomelson berharap, agar semua usulan di Musrenbang tepat sasaran dan dapat bermanfaat, dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Bartim pada umumnya.

“Kegiatan Musrenbang merupakan sarana untuk mengikutsertakan pemangku kepentingan, dalam perencanaan pembangunan dalam menyatukan persepsi yang berbasis partisipasi masyarakat,” pungkasnya. (Ist/Vri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!