DPRD Gunung MasGunung MasHEADLINE

Warga Desa Tumbang Anoi Diminta Manfaatkan Nilai Historis Betang Damang Batu 

"Betang Damang Batu mempunyai nilai sejarah yang sangat berharga, karena di sini menjadi saksi berkumpulnya seluruh kepala suku Dayak di Kalimantan untuk menyepakati perjanjian damai," ungkapnya.

FOTO : Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Gunung Mas, Yunika Simpei ketika serahkan peralatan kebersihan kepada perwakilan masyarakat Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu, Jumat (5/7/2019).

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Gunung Mas, Yunika Simpei mengatakan, bimbingan teknis penyuluh pengembangan sadar wisata dan potensi masyarakat di destinasi wisata ini bertujuan untuk mewujudkan wisata yang berbasis ekonomi masyarakat.

“Betang Damang Batu mempunyai nilai sejarah yang sangat berharga, karena di sini menjadi saksi berkumpulnya seluruh kepala suku Dayak di Kalimantan untuk menyepakati perjanjian damai,” ungkapnya, Jumat (5/7/2019).

Sebab itu, masyarakat Desa Tumbang Anoi diharapkan mampu memanfaatkan terkenalnya rumah Betang tersebut sebagai sumber penghasilan. Seperti berjualan cenderamata, menyediakan rumah singgah, menjual makanan dan minuman khas Dayak dan lain sebagainya.

“Desa Tumbang Anoi sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebab itu, warga desa jangan cuma menjadi menonton tapi terlibat menjadi pemain untuk menambah kesejahteraan,” katanya.

Plt Sekdis Parpora Gunung Mas, Siren mengatakan, Desa Tumbang Anoi berpotensi menjadi destinasi wisata yang cukup menjanjikan. Salah satunya adalah daya tarik di Betang Damang Batu yang sangat bersejarah.

“Nantinya akan dibentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Ini nantinya akan bernaung dibawah BUMDes dan diawasi oleh BPD dan dinasehati oleh kepala Desa Tumbang Anoi,” katanya.

Dalam memgembangkan pariwisata maka perlu tiga komponen, yaitu pemerintah, pihak swasta dan masyarakat itu sendiri.

“Tugas pemerintah yaitu menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengembangkan pariwisata untuk mensejahterakan masyarakat sekitar. Kemudian peran pihak swasta adalah membangun daya tarik wisata tersebut agar berkesan saat dikunjungi,” sebutnya.

Betang Damang Batu sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sebab itu manfaatkan potensi tersebut menjadi pariwisata yang menguntungkan bagi masyarakat sekitar.

“Pokdarwis penting untuk mengembangkan potensi pariwisata agar berjalan secara profesional. Nantinya akan bersinergi antara masyarakat dan pemerintah desa itu sendiri,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!