DPRD KatinganKatingan

Dewan Apresiasi Terbentuknya FKPP – KKPA

“Kami mengapresiasi pembentukan forum ini. Tujuannya, untuk penanganan koordinasi antar instansi terkait dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ungkap Nanang Suriansyah, di Kasongan, Senin (8/3/2021)

Kasongan – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah mengapresiasi terbentuknya
Forum Koordinasi Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Kabupaten Katingan (FKPP-KKPA) tahun 2021.

Pembentukan forum tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi NT Litang. Hadir saat rapat pembentukan forum tersebut, di antaranya kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan KB Kabupaten Katingan Rentas, Plt Kepala Dinas Pendidikan, perwakilan dari RSUD Mas Amsyar, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Katingan, pihak Polres Katingan dan sejumlah OPD serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

“Kami mengapresiasi pembentukan forum ini. Tujuannya, untuk penanganan koordinasi antar instansi terkait dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ungkap Nanang Suriansyah, di Kasongan, Senin (8/3/2021)

Pasalnya, di dalam penanganan kasus kekerasan perempuan dan anak ini, lanjutnya, membutuhkan pelayanan dari berbagai sektor/bidang. Misalnya, butuh pelayanan kesehatan, maka yang melayaninya adalah dari petugas Dinas Kesehatan.

Kemudian, terkait dengan hukum, perlu pihak yang mengerti hukum, seperti pihak kepolisian, kejaksaan dan pengadilan. Begitu pula jika membutuhkan informasi dan komunikasi serta ingin mensosialisasikan yang perlu disebarluaskan, maka forum ini perlu bantuan Dinas Kominfo dan juga media.

Hemat Nanang, jika berharap penanganan masalah perempuan dan anak hanya satu instansi yakni hanya Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak dan KB saja, maka hasilnya pun tidak bisa optimal. Bahkan, nyaris tak bisa jalan.

Korban kekerasan baik terhadap ibu/perempuan maupun anak, dengan dibentuknya forum ini menurutnya, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan KB tidak lagi hanya menunggu laporan ataupun pengaduan dari korban atau keluarga korban saja, tapi forum ini lah yang akan datang langsung ke pihak korban,” demikian Politikus Partai Golkar ini.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!