DPRD KatinganKatingan

Dewan Ajak Masyarakat Jangan Buang Sampah Sembarangan

"Sampah plastik itu pasti akan menjadi masalah, apalagi kalau dibuang ke sungai. Pasti akan mencemari daerah sekitarnya dan lama-lama,  sungai menjadi kotor. Jadi sebagiknya, buang sampak pada tempat yang telah disediakan,” kata Politisi Partai Golkar ini, Jumat (6/9) kemarin.

 

KASONGAN – Pihak dewan mengajak seluruh lapisan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya masing-masing. Salah satunya, dengan tidak membuang sampah terutama plastik di sembarang tempat. Terlebih pada saluran air mupun sungai, karena dapat menyebabkan pencemaran dan bahkan banjir.

Anggota DPRD Katingan, Rudi Hartono mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah, terutama jenis jenis plastik di sembarang tempat. Apalagi ke sungai, danau, saluran pembuangan air atau drainase.

“Sampah plastik itu pasti akan menjadi masalah, apalagi kalau dibuang ke sungai. Pasti akan mencemari daerah sekitarnya dan lama-lama,  sungai menjadi kotor. Jadi sebagiknya, buang sampak pada tempat yang telah disediakan,” kata Politisi Partai Golkar ini, Jumat (6/9) kemarin.

Selain itu, sebut Rudi, sampah plastik dapat menutupi sungai sehingga mengkibatkan alirannya menjadi tidak normal. Seperti contoh di Sungai Ciliwung Jakarta, banyak sampah dibuang hingga menyebabkan pendangakaln dan rawan banjir.

“Selain mengorori, mencemari dan menutup aliran sungai, banyaknya sampah plastik menjadikan pemandangan semakin buruk dan terkesan kumuh,” tutur anggota dewan dari Daerah Pemilikan Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya.

Terkait hal itu, Rudi mengaku sangat mendukung dengan adanya kebijakan pemerintah untuk mengurangi penggunaan kemasan berbahan plastik. Pasalnya, itu merupakan salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

“Saya rasa, kebijakan tersebut sangat baik. Mari kita dukung dan sosialisasikan bersama kepada masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik. Agar nantinya, daerah kita tidak menjadi tumpukan sampah,” ucapnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!