DPRD Gunung MasGunung MasHEADLINE

Ajak Masyarakat Jaga dan Lestarikan Cagar Budaya

"Kita semua memiliki kewajiban dan bertanggungjawab untuk menjaga, merawat serta melestarikan berbagai cagar budaya yang ada. Karena budaya merupakan bagian dari sejarah kita," ungkapnya, Senin (21/10/2019).

FOTO : Anggota DPRD Gunung Mas, Iceu Purnamasari (kanan).

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Iceu Purnamasari mengajak, seluruh masyarakat bersama-sama melestarikan cagar budaya di daerahnya. Sejauh ini terdapat 25 cagar budaya di Gunung Mas yang telah teregistrasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

“Kita semua memiliki kewajiban dan bertanggungjawab untuk menjaga, merawat serta melestarikan berbagai cagar budaya yang ada. Karena budaya merupakan bagian dari sejarah kita,” ungkapnya, Senin (21/10/2019).

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini menegaskan, jangan sampai cagar budaya yang ada menjadi rusak bahkan hilang. Sehingga generasi mendatang tidak dapat mengetahui dan melihat secara langsung cagar budaya itu, serta hanya bisa melihat melalui foto atau video saja.

“Tentu kami tidak ingin anak cucu hanya mengetahui cagar budaya dari foto atau video saja. Nakanya menjadi tugas, kewajiban dan tanggung jawab dalam menjaga, memelihara serta melestarikan berbagai cagar budaya yang ada,” ujarnya.

Dia mengakui, ada banyak cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk menjaga cagar budaya, seperti tidak mencoret dan membuang sampah di kawasan cagar budaya.

“Dengan adanya peran serta dari masyarakat, kami harapkan cagar budaya yang ada di daerah ini akan dapat selalu terjaga keaslian serta kelestariannya,” pungkas Iceu. (agg/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!