Barito SelatanDPRD Barito SelatanHeadline

Binmas Polres Barsel Sosialisasikan Bahaya Hoaks

"Kita berharap dengan kegiatan ini, masyarakat terutama kaula muda bisa lebih bijak dan aktif dalam berkontribusi menangkal penyebaran berita-berita hoax dan bernada hatespeach di media sosial. Kontrol penggunaan media sosial agar jangan sampai kebablasan, saring sebelum sharing," tukasnya.

Kasat Binmas Polres Barsel, Iptu Hardi Sugianto didampingi Pj. Kepala Desa Mabuan, Rayuanto Awin. A, S.Sos, saat melakukan pemaparan dalam sosialisasi pencegahan organisasi/kelompok radikal anti Pancasila di Aula Kantor Desa Mabuan, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel, Rabu (16/10/2019).

gerakkalteng.com – BUNTOK – Guna mencegah penyebaran berita hoax dan terpaparnya masyarakat dengan faham radikalisme melalui media sosial, jajaran Polres Barito Selatan melalui Bidang Pembinaan Masyarakat (Binmas) melaksanakan sosialisasi di Desa Mabuan, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel, Rabu (16/10/2019).

Ditemui seusai pelaksanaan kegiatan, Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan, SIK melalui Kasat Binmas, Iptu Hardi Sugianto, menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan agar memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi masyarakat, terutama di kalangan millenial agar bisa lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan jejaring sosial.

Hal itu, dikatakan Hardi, sangat penting dilakukan oleh pihaknya, mengingat pada saat sekarang semakin hari penyebaran berita-berita berkonten bohong (hoax), fitnah dan ujaran kebencian (hatespeach) semakin marak. Maka dari itu, dibutuhkan kerjasama oleh masyarakat guna ikut serta menangkalnya, dengan cara menyaring setiap informasi dan berita yang mereka temui saat berselancar di media daring.

“Kita berharap dengan kegiatan ini, masyarakat terutama kaula muda bisa lebih bijak dan aktif dalam berkontribusi menangkal penyebaran berita-berita hoax dan bernada hatespeach di media sosial. Kontrol penggunaan media sosial agar jangan sampai kebablasan, saring sebelum sharing,” tukasnya.

Selain itu, kegiatan sosialisasi ini juga, dikatakan oleh perwira berpangkat dua balok ini lagi, bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari di lingkungannya masing-masing.

“Dengan ini, kita juga memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar tetap merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas dan bersosialisasi, serta bisa memompa semangat mereka untuk terus ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban bersama,” sebutnya.

Menanggapi hal itu, Pj. Kepala Desa Mabuan, Rayuanto Awin. A, S.Sos, sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran Binmas Polres Barsel tersebut.

Menurutnya, penting bagi masyarakat terutama di desa Mabuan untuk terus mendapatkan masukan dan ilmu pengetahuan dari pihak berwajib, apalagi hal tersebut berkaitan erat dengan menjaga suasana Kamtibmas agar terus kondusif.

“Kami menangkap positif, kegiatan seperti ini memang perlu digalakan, terutama tadi yang berkaitan dengan penyuluhan Kamtibmas, kami sangat berterima kasih khususnya kepada Binmas Polres dan semoga ini bermanfaat bagi kondusifitas Kamtibmas di desa Mabuan,” pungkasnya.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi yang dirangkai dengan bhakti sosial pelayanan kesehatan gratis kepada warga masyarakat ini sendiri, direncanakan akan digelar juga di beberapa desa di Barsel terutama di wilayah Kecamatan Dusun Selatan. (Petu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *