DPRD Barito Selatan

Terkait Kebakaran di Dua Desa : Dewan Minta Pemkab Cari Langkah Antisipasi

Anggota DPRD Barito Selatan Rahmanto Rahman

BUNTOK,Gerakkalteng.com – Selain merasa prihatin atas terjadinya dua kebakaran hebat beruntun di dua desa di Barito Selatan baru-baru ini, anggota DPRD setempat Rahmanto Rahman meminta kepada Pemerintah Daerah Bumi Batuah itu, agar segera mencarikan langkah untuk solusi pencegahan berulangnya musibah serupa.

Musibah kebakaran yang menimpa dua desa di dua Kecamatan, yakni di Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir dan Desa Tarusan, Kecamatan Dusun Utara pada Senin (27/1/2020) dan Selasa (28/1/2020) dini hari itu, menuai keprihatinan dari semua pihak.

Kejadian nahas yang menghanguskan tujuh unit rumah dan satu dua buah sarang walet di desa Damparan, serta 17 unit rumah dan lima bangunan sarang burung walet di desa Tarusan tersebut, menurut Politisi PKS ini harus menjadi pembelajaran, untuk pemkab setempat mencarikan solusi guna mengantisipasi kejadian serupa terulang lagi.

“Atas pengalaman kejadian tersebut, harapannya ada langkah antisipasi, jika terjadi kebakaran besar seperti ini di pedesaan,” sampikan Rahmanto kepada awak media, Rabu (29/1/2020).

Dirinya juga mengingatkan, kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait, dapat dengan segera mengambil langkah dalam penanggulangan bencana, termasuk bila memungkinkan warga yang menjadi korban mendapat bantuan, bisa dalam bentuk logistik makanan dan pakaian, kesehatan, dan bahkan bila perlu segera lakukan rehab rumah para korban.

“Kita ingin kiranya para korban bisa mendapatkan bantuan secepat mungkin, kapan perlu lakukan rehab rumah,” harapnya.

Tidak lupa, ia juga mengimbau kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati dan mewaspadai penggunaan listrik, obat nyamuk, maupun peralatan memasak atau lainnya, yang dapat memicu munculnya api.

“Lebih baik kita waspada terlebih dahulu, untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran,” tandasnya.(petu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *