DPRD Kota Palangka RayaHeadlinePalangka Raya

Optimalkan Produk Perajin Lokal

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Palangka Raya diminta untuk berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta dan produksi hasil buatan usaha maupun produk lokal.

Permintaan tersebut disampaikan Walikota Palangka Raya FairId Naparin usai melantik pengurus Dekranasda Kota Palangka Raya periode 2018-2023, di Aula Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya,Sabtu (14/3/2020).

Dikatakan, selain mengembangkan karya cipta dan produksi hasil buatan usaha maupun produk lokal, maka tak kalah penting Dekranasda mampu membuat terobosan positif guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat Kota Palangka Raya.

Selain itu kepengurusan Dekranasda yang baru dilantik diminta aktif mendorong para perajin dari berbagai produk usaha maupun UMKM, untuk menciptakan suatu inovasi dan kreasi serta meningkatkan kualitas produk .

“Dekranasda juga harus bisa mengoptimalkan potensi usaha kerajinan maupun perajin melalui pembinaan. Sehingga apa yang dihasilkan mampu menjadi sumber peningkatan usaha masyarakat,”ujar Fairid.

Tak kalah penting lanjut dia, Dekranasda harus mampu mendrong penguatan kualitas produksi perajin melalui pembinaan teknik, mutu dan desain produk serta manajemen produksi pelestarian desain dan bahan baku. teknik promosi dan pemasaran secara offline dan online.

“Bahkan sebisa mungkin memfasilitasi para perajin untuk mendapatkan perlindungan hukum atas hak kekayaan intelektual berupa hak cipta, merk, paten dan desain,”tambahnya.

Selebihnya Fairid memintanseluruh pengurus dan anggota Dekranasda Palangka Raya, untuk malakukan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para perajin.

“Slogan mencintai produk dalam negeri, sehingga produk-produk kerajinan masyarakat tidak menjadi tamu didaerahnya sendiri, menjadi dorongan kuat upaya pengembangan produk perajin maupun UMKM,”ucapnya.

Adapun kepengurusan Dekranasda Kota Palangka Raya periode 2018-2023 yang baru diketuai oleh Emnestiningsih menggantikan ketua sebelumnya Norlaina Riban Satia. Pelantikan pengurus yang baru tersebut dihadiri secara langsung Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Azhari.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *