Palangka Raya

Debat Publik Pilwalkot Palangka Raya Berjalan Dinamis

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG,COM – Debat publik bagi pasangan calon (Paslon) dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Palangka Raya periode 2018-2023, kembali digelar  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya.

Debat publik yang merupakan tahapan terakhir, sebelum memasuki masa tenang untuk memilihan tanggal 27 Juni 2018 tersebut, digelar pada Sabtu (23/6/2018) malam, pukul 19:30 WIB  hingga 22.00 Wib di Ballroom Hotel Aquarius.

Gelaran tersebut  dihadiri  langsung Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dan Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia bersama wakilnya Mofit Sabtono Subagio serta puluhan orang pendukung dari masing-masing pasangan calon.

Debat putaran ke dua ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan debat pertama, dimana  dibagi dalam enam segmen.

Selain menyampaian visi dan misi sesuai dengan tema tata kelola pemerintahan dan inovasi daerah.

Pada segmen yang diberikan kepada setiap paslon  juga menampilkan gambar kondisi kota Palangka Raya, yang kemudian  diberikan pertanyaan dan ditanggapi oleh paslon, dengan tema yang sudah ditetapkan oleh tim perumus.

Selain itu oleh tim perumus, pasangan calon juga diberikan pertanyaan terkait isu iisu strategis di kota Palangka Raya, seperti pengelolaan pasar, penyebaran penduduk, narkoba, sampai masalah RTRWP yang masih belum clear.

“Kami melakukan evaluasi melalui masukan masukan masyarakat, jadi selain visi misi kita juga berikan soal sesuai dengan tema secara konstruktif dan realistis,” kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi, mengawali sabutannya.

Dikatakan pada debat publik putaran kedua atau terakhir tersebut mengambil tema tentang tata kelola pemerintahan dan inovasi daerah dengan beberapa sub tema meliputi isu strategis perkotaan, pemberantasan korupsi, pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dan pelayanan publik.

Adapun keempat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yakni,  nomor urut 1 Tuty Dau dan H.Rahmadi, nomor urut 2 H. Rusliansyah dan Rogas Usup, nomor urut 3 Fairid Naparin dan Hj Umi Mastikah dan nomor urut 4 Aries Marcorius Narang dan Habib Said Akhmad Fawzi Bachsin, tampak serius  mengikuti jalannya debat publik.

Satu per satu pertanyaan dilontarkan oleh moderator maupun pertaanyaan dari pasangan calon (paslon)  yang satu kepada yang lainya. Dan semua dapat dijawab dengan baik oleh pasangan calon.

Diakhir kegiatan, Gubernur Kalteng kepada wartawan mengapresiasi acara debat publik. Dimana semua paslon dapat aktif menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh moderator.

Siapapun yang terpilih nantinya menjadi walikota dan wakil walikota Palangka Raya mendatang, maka.kata gubernur harus fokus membangun Kota Palangka Raya.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada yang diselenggarakan pada 10 kabupaten dan satu kota.

“Silahkan datang ke TPS masing-masing, jangan ada yang golput tapi gunakanlah hak pilihnya masing-masing dengan baik,”imbaunya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!