KapuasSlider

Partisipasi Kaum Pria Mengikuti Program KB Masih Rendah

Sekda Rianova Membacakan Sambutan Tertulis Bupati Kapuas
Kuala Kapuas,GK – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat diwakili oleh Sekda Kabupaten Kapuas Rianova, membuka pelaksanaan kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi pria terhadap program Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan reproduksi di wilayah Kabupaten Kapuas, Rabu (13/9) pagi di Gedung Lawang Kameluh.
Pada kesempatan itu Sekda Kabupaten Kapuas membacakan sambutan tertulis Bupati Kapuas, serta menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Kapuas karena tidak dapat hadir pada kesempatan tersebut disebabkan pada waktu yang bersamaan orang nomor satu di Kota Air itu sedang melaksanakan Dinas luar.
Ia menerangkan kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Salah satu masalah yang menonjol pada saat ini adalah rendahnya partisipasi pria dalam pelaksanaan program keluarga berencana baik dalam praktik KB, mendukung isteri dalam penggunaan Kontrasepsi sebagai motivator atau promotor dan merencanakan jumlah anak.
“Di Kabupaten Kapuas sendiri  untuk partisipasi kaum pria untuk mengikuti program keluarga berencana masih rendah, hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan kita tentang KB pria khususnya Vasektomi,” terangnya.
Dari data yang ada jumlah kepesertaan pria dalam ber-KB khususnya vasektoomi tahun 2016 hanya sebanyak 161 orang dari target 790 orang.
Lebih lanjut, ia juga berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi agar  mengikuti kegiatan tersebut, karena kegiatan itu sangat penting untuk mengetahui dalam rangka mensukseskan program keluarga berencana.
Sedangkan dalam laporannya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anaka  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas dr. Adelina Yunus, menjelaskan bahwa kaum pria memegang peren penting dalam keluarga.
“Peningkatan partisipasi pria terhadap program Keluarga Berencana dan kesehatan reproduksi akan meningkatkan kesehatan kepada isteri dan anak,” ungkapnya.

Adapun narasumber dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut dari BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas, IBI Kabupaten Kapuas dan dari Kementerian Agama Kabupaten Kapuas. (kmf/fgk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!