Hukum dan KriminalKatingan

Gagal Menjalankan Aksinya, Pelaku Percobaan Pencurian Sarang Walet Dihakimi Warga

Saat ditemukan jani (pelaku) sempat memberikan perlawanan sehingga pelaku dihakimi warga yang ikut dalam pencarian sehingga pelaku mengalami luka-luka,"jelas Kapolsek.

Kasongan – Pelaku percobaan pencurian walet berhasil dibekuk, adapun pelaku yaitu Jani (40) merupakan warga yang beralamat di Desa Samba Katung RT. 09 Kecamatan Katingan Tengah.

Pelaku berhasil ditangkap anggota Kepolisian Polsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan bersama warga saat melakukan pencarian.

Ketikan dikonfirmasi, Kapolres Katingan AKBP Andry Siswan Ansyah, S.I.K., melalui Kapolsek Tws Garing dan Pulau Malan IPDA Suwardi, senin (6/4/2020) membenarkan adanya penangkapan pelaku percobaan pencurian sarang walet di jalan tehang lama simpang perhubungan Desa Hapalam pada minggu malam (5/4) sekitar pukul 22.00 wib.

“Berdasarkan keterangan saksi para pelaku percobaan pencurian sarang walet ini beraksi pada minggu malam (5/4) sekitar pukul 22.00 wib di gedung walet milik Endang,”Ujarnya.

Saat ingin melancarkan aksinya, pelaku mendatangi rumah penunggu gedung walet. Bahkan pelaku saat menjalankan aksinya mengetok ngetok pintu serta menyuruh keluar pondok namun tidak dihiraukan oleh Mambau (penunggu sarang walet).

“Merasa tidak dihiraukan para pelaku berpindah tempat dan mendatangi pondok Darsono yang berada di sekitaran sarang walet tersebut, namun karna banyaknya anjing sehingga para pelaku berusaha melarikan diri ke arah pendahara.

“Saat hendak melarikan diri para pelaku perpapasan dengan keluarga pelapor yang telah dihubungi, dan naas salah satu pelaku saat berusaha kabur terjatuh dari kendaraan,”Ujarnya.

Salah satu pelaku yang terjatuh sempat bersembunyi di semak-semak namum berhasil ditemukan. “Saat ditemukan jani (pelaku) sempat memberikan perlawanan sehingga pelaku dihakimi warga yang ikut dalam pencarian sehingga pelaku mengalami luka-luka,”jelasnya.

Dari pelaku yang berhasil diamankan ditemukan barang bukti berupa gergaji, obeng, dua buah besi runcing.

“Bahkan dari pelaku juga ditemukan satu set bong dan satu buah set senjata api rakitan beserta dua amunisi aktif,”Jelas Kapolsek.

Sementara itu, rekan pelaku yang sempat melarikan diri akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *