DPRD KatinganHEADLINE

BPBD Perlu Berikan Sosialisasi Dini Kepada Para Relawan Dan MPA

“Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu menggelar sosialisasi dan pelatihan baik itu tingkat kecamatan hingga perdesaan,”Ucapnya.

Kasongan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Rudi Hartono, menyarankan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan bisa memberikan sosialisasi kepada para relawan dan Masyarakat Peduli Api (MPA) ditingkat kecamatan dan desa, hal ini disampaikannya, rabu (3/5/2023).

Dikatakan Rudi, sebelum adanya musibah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaaten Katingan tentu perlunya ada kegiatan yang bisa mendorong masyarakat untuk lebih peduli dalam menanggulangi terjadinya karhutla.

“Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu menggelar sosialisasi dan pelatihan baik itu tingkat kecamatan hingga perdesaan,”Ucapnya.

Dijelaskannya, sosialisasi yang diberikan bisa saja berupa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dalam hal ini karhutla, sehingga nantinya masyarkat yang menemukan adanya titik api kecil bisa ikut turut memadamkan sehingga tidak membesar.

“Karna kita tau, kebakaran hutan tidak saja hanya diwilayah kabupaten jadi peran serta masyarakat hingga perdesaan sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya karhutla,”Ujarnya.

Dampak buruk dari karhutla ini sambung Rudi, salah satunya adalah kerusakan lingkungan seperti kabut asap.

“Banyak dampak negatif di masyarakat jika sampai terjadi kabut asap, seperti sulitnya berlalu lintas akibat jarak pandang terbatas serta yang lebih parah bisa mendatangkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan,”Imbuhnya.

“Dampak ini lah yang perlu kita antisipasi dari terjadinya karhutla,”Timplanya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!