Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Ampah Terancam Jadi Lokasi Transmisi Covid-19

“Kalau penularan kepada kontak terdekat itu disebut sekunder,” jelas dr. Simon Biring, Senin (4/5/2020).

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr. Simon Biring mengingatkan, potensi terjadinya transmisi lokal Covid-19 di Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur.

Transmisi lokal adalah penularan yang terjadi antara warga setempat yang dimulai dari kasus positif generasi kedua ke generasi ke tiga dan juga seterusnya.

Sementara, ketika ada seseorang yang menjadi carrier setelah datang dari luar daerah dan menularkan pada orang terdekatnya di daerah tujuan, itu berarti generasi pertama menularkan ke generasi kedua.

“Kalau penularan kepada kontak terdekat itu disebut sekunder,” jelas dr. Simon Biring, Senin (4/5/2020).

Ia menjelaskan, kemungkinan terjadinya penularan dari generasi kedua ke generasi ketiga atau transmisi lokal berpotensi terjadi jika masyarakat di wilayah ini tidak disiplin untuk menjalankan social distancing maupun untuk menggunakan masker saat bepergian.

“Untuk orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 harus segera melaporkan diri untuk menjalani rapid test dan melakukan isolasi secara mandiri,” jelas Simon.

Agar perlu diketahui, hingga hari ini Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah memiliki kasus 5 positif Covid-19 dari total 7 kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Barito Timur ini. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!