Kotawaringin Timur

Harapkan Desa Bagendang Tengah Juara Lomba Desa Tingkat Kalteng

KOTIM – Tim penilai lomba desa kategori wilayah tingkat Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan penilaian di Desa Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Pada acara ini, Bupati Kotim Halikinnor dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Irawati menyatakan mendukung sepenuhnya atas penilaian yang dilakukan oleh tim penilai.

“Ini merupakan kunjungan ketiga kalinya tim penilai ke Kotim, yang pertama kunjungan menjadikan Kelurahan Ketapang Kecamatan MB.Ketapang sebagai juara pertama lomba kelurahan, dan yang kedua di Desa Gunung Makmur Kecamatan Antang Kalang, hingga desa tersebut berhasil meraih juara II pada lomba desa,” ujarnya, Senin (17/07/2023).

“Semoga pada kunjungan tim yang ketiga ini masih memberikan kesan yang baik, pemkab siap mendukung Desa Bagendang Tengah menjadi yang terbaik di Kalteng khusus wilayah barat,” ucapnya.

Halikin juga berharap pada saat tim melakukan penilaian apabila terdapat kekurangan, hendaknya dapat memberikan arahan dan masukan yang membangun supaya segera dapat dilakukan perbaikan.

Sementara itu, Kepala Desa Bagendang Tengah Untung Sukardi menyampaikan bahwa desa yang dipimpinnya pernah meraih juara pertama pasar desa tingkat kabupaten.

“Salah satu inovasi desa, pasar desa kami juara terbaik tingkat Kotim tahun 2023,” ujarnya, saat memberikan paparan dihadapan tim penilai di Balai Pertemuan Rambania Manis Desa Bagendang Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kalteng Morthado Bistri, menjelaskan tim penilai terdiri dari dinas dan instansi yang dilibatkan untuk memberikan penilaian di Desa Bagendang Tengah.

“Tim diantaranya dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalteng, Dinas Kesehatan Kalteng, dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kalteng,” tuturnya.

Ia juga menerangkan bahwa tim penilai ini jumlahnya sembilan orang atau disebut sebagai tim sembilan.

“Awalnya kami melibatkan 13 orang namun untuk tim penilai di Desa Bagendang Tengah jumlahnya berkurang, ada beberapa kategori yang kami tanyakan, misalnya tentang pemerintahan desa, pelayanan terhadap masyarakat, perekonomian, inovasi desa, wisata desa hingga pemberdayaan,” terang Morthado.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Ketua I DPRD Kotim Rudianur, Kepala DPMD Kotim Raihansyah, Camat MHU Muslih, Polsek Sungai Sampit, Koramil 1015/02 MHU, para Kades dan BPD Se-Kecamatan MHU, serta Tim Penggerak PKK kecamatan dan desa. (Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!