HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Sinergitas Jadi Kunci Suksesnya Stabilisasi Ekonomi

Rakor ini dihadiri Wakil Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya, Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Perwakilan BI Kalteng Rihando, Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Setia Pria Husada, dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng.

GERAKKALTENG.COM – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran Pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) membahas Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi serta Penyerapan Anggaran Tahun 2020 di aula Jayang Tingang kantor gubernur setempat, Sabtu (18/7/2020).

Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI, Joko Widodo dalam Rapat Terbatas Penyerapan APBD Tahun 2020 yang diikuti Gubernur Sugianto Sabran bersama para Gubernur se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu (15/07/2020) lalu.

Rakor ini dihadiri Wakil Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya, Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Perwakilan BI Kalteng Rihando, Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Setia Pria Husada, dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng.

Tampak pula sejumlah Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng, antara lain Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Bupati Barito Selatan Edy Samsuri, Bupati Katingan Sakariyas, Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah, Bupati Seruyan Yulhaidir, Bupati Lamandau Hendra Lesmana, Bupati Sukamara Windu Subagio, Wakil Bupati Kotawaringin Timur Taufiq Mukri, Wakil Bupati Kapuas M. Nafiah Ibnor, dan Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sugianto Sabran menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 bukan hanya berimbas pada sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi yang dialami bukan hanya negara Indonesia, tetapi juga 215 negara lainnya di dunia. Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, kedua sektor tersebut, baik penanganan kesehatan Covid-19 maupun pertumbuhan perekonomian di wilayahnya, harus dapat dikendalikan dengan baik.

Selanjutnya, saat memberikan arahan, Gubernur Sugianto Sabran menegaskan kepada Bupati dan Wali Kota se-Kalteng bahwa untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 dan menjaga kestabilan ekonomi di tengah pandemi ini mutlak memerlukan kerja sama dan sinergisitas seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) se-Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dengan tegas menyatakan bahwa ingin menjaga kestabilan ekonomi Kalimantan Tengah dan menekan angka Covid.

“Penanganan ini semua kita perlu kekompakan, sinergitas kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah. Ekonomi ini sangat penting di tengah pandemi. Pak Presiden beberapa kali menyampaikan masalah ini,” imbuh Gubernur Sugianto Sabran.

Gubernur Sugianto pun mengajak seluruh stake holders (pemangku kepentingan) untuk bersatu padu dan bahu membahu menangani Covid-19 beserta segala dampaknya di wilayah Kalimantan Tengah, dengan mengedepankan kepentingan masyarakat dan melupakan ego sektoral.

Gubernur Sugianto kemudian meminta kepada seluruh jajaran Pemprov Kalteng dan Bupati/Wali Kota beserta jajaran untuk terus bekerja keras dalam penanganan Covid-19 dan pengendalian pertumbuhan ekonomi.

“Harus ada terobosan-terobosan. Saya yakin dari keinginan diri kita yang kuat, tulus, ikhlas, jeli melihat kesempatan. Saya yakin kita bisa membangkitkan ekonomi Kalimantan Tengah. Kita harus bekerja keras, cerdas, cerdik, dan jeli,” pungkas Gubernur Sugianto Sabran. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!