DPRD KatinganKalimantan TengahKatinganKorupsi

Selewengkan Dana Desa, Oknum Mantan Kades Karuing Bakal Diproses Hukum

Plt Kajari Katingan Yovandi Yazid, Rabu (5/8/2020) kepada media menyampaikan kasus penyimpangan DD di Desa Karuing akan ditangani oleh Kejaksaan Negeri Katingan. "Penyelewengan DD ini akan kami tangani dan akan diproses secara hukum,"Ujarnya

KASONGAN – Kejaksaan Negeri Katingan telah melakukan ekspose hasil pemerikasaan terkait adanya masalah penyelewengan terhadap DD (Dana Desa).

Bertempat di kantor inspektorat Kabupaten Katingan, pihak Kejaksaan Negeri Katingan hadir dalam ekspose pemeriksaan terhadap adanya dugaan penyelenggaraan DD di Desa Karuing, Kecamatan Kamipang, Selasa (4/8/2020) kemarin.

Dalam ekspose tersebut dihadiri oleh kejaksaan negeri katingan yang di wakili oleh kasi intelijen siswanto dan kasi pidsus erfandy rusdy quiliem.

Plt Kajari Katingan Yovandi Yazid, Rabu (5/8/2020) kepada media menyampaikan kasus penyimpangan DD di Desa Karuing akan ditangani oleh Kejaksaan Negeri Katingan. “Penyelewengan DD ini akan kami tangani dan akan diproses secara hukum,”Ujarnya

Saat penyampaian ekspose hasil pemeriksaan kepada Kejari Katingan, tim inspektorat dipimpin langsung oleh Kepala Inspektorat Megar.

“Dari hasil penyampaian tim Inspektorat penyimpangan yang diduga dilakukan oleh oknum mantan Kades berinisial WS, yaitu adanya pekerjaan fisik yang tidak dilaksanakan atau pengerjaan tidak selesai,”Ungkapnya.

Lebih lanjutnya Yovandi menuturkan permasalahan lainnya yaitu, silva APBDes tahun 2019 tidak tersimpan di rekening desa maupun kas bendahara, pertanggung jawaban fiktif, pajak yang tidak disetor, serta pemalsuan dokumen pencairan DD.

“Pemalsuan dokumen pencariran DD ini potensi kerugiannya mencapai Rp. 616 juta rupiah,”Jelasnya.

“Kepala Inspektorat akan menyerahkan LHP minggu ini ke Kejaksaan guna dilakukan proses hukum,”Timpalnya.

Untuk itu pihak Kejaksaan akan segera memproses pihak-pihak yang terlibat dalam penyimpangan atau penyelewengan DD tersebut, sesuai ketentuaan yang berlaku.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *