HeadlineKalimantan TengahKalteng Berkah

Kendalikan Harga Barang, Pemprov Kalteng Buka Pasar Penyeimbang

FOTO : Sekdaprov Kalteng, Fahrizal Fitri saat meninjau lokasi pelaksanaan pasar penyeimbang Pemprov Kalteng, Kamis (24/9/2020).

GERAKKALTENG – PALANGKA RAYA – Bertepatan dengan Peringatan Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) tahun 2020, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri membuka secara resmi pasar penyeimbang di aula Jayang Tingang kantor gubernur setempat, Kamis (24/9/2020).

Dalam pidato gubernur H. Sugianto Sabran yang dibacakan Sekdaprov Kalteng, Fahrizal Fitri menuturkan bahwa pandemi Covid-19 telah membuat pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia mulai gelisah.

“Beberapa dampak nyata yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 antara lain naik turunnya aktivitas penjualan, distribusi yang terhambat karena adanya Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah, sehingga menyebabkan laju inflasi tidak terkendali,” jelasnya.

Pembukaan pasar penyeimbang yang bertepatan dengan Peringatan Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) itu merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi Kalteng dalam membantu masyarakat terutama di bidang ekonomi.

“Pasar penyeimbang dimaksudkan untuk mengendalikan harga bahan pokok dan mencegah laju inflasi agar pertumbuhan ekonomi tetap stabil dan berkesinambungan,” ujarnya.

Menurutnya, kestabilan inflasi merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan yang pada akhirnya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Pemprov Kalteng terus berupaya dengan mengambil langkah-langkah strategis untuk mendorong pelaku usaha IKM agar tetap bertahan hidup. Sehingga masih dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi perekonomian masyarakat,” ujarnya. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *