DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Legislator Kota Cantik Pelajari Pemulihan Ekonomi ke Balangan

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya Susi Idawati mengatakan, melalui kunker kali ini, pihaknya ingin mendalami bagaimana strategi program dan kebijakan pemerintah dari Kabupaten Balangan dalam rangka pemulihan ekonomi.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, saat ini mulai menjalankan adaptasi kebiasaan baru (AKB) menuju tatanan hidul baru atau ‘New Normal’.

Seiring adaptasi kebiasaan baru itu, maka Pemko Palangka Raya juga tengah menjalankan program pemulihan ekonomi yang sejak pandemi covid-19 merebak, sempat terdampak cukup beras

Upaya pemko mendapat dukungan dari DPRD Palangka Raya, Dimana para legislatornya saat ini sedang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke sejumlah daerah, untuk mempelajari persiapan kebijakan new normal sekaligus upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah daerah lainnya.

Seperti pada Selasa (15/9/2020) pagi, sejumlah anggota DPRD Palangka Raya mengunjungi Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya Susi Idawati mengatakan, melalui kunker kali ini, pihaknya ingin mendalami bagaimana strategi program dan kebijakan pemerintah dari Kabupaten Balangan dalam rangka pemulihan ekonomi. Terutama dari sisi penganggaran menuju tatanan kehidupan baru.

Disebutkan, sektor yang sangat terdampak akibat pandemi covid-19 adalah sektor ekonomi. Banyak usaha yang tutup, pegawai yang diberhentikan, daya beli masyarakat menurun hingga sempat terjadinya kelangkaan bahan pokok dan merosotnya kesejahteraan masyarakat.

“Nah, hak-hal itulah yang perlu kami pelajari, sebagaimana tugas pokok dan fungsi DPRD dimana saling sharing dan belajar dari daerah lain untuk referensi kita,”ungkap Susi saat dihubungi via seluler.

Lebih lanjut legislator dari partai NasDem ini mengugkapkan, bila menilik berbagai sektor yang menopang perekonomian di Kabupaten Balangan, dimana secara umum mulai digerakkan kembali. Seperti sektor jasa, perindustrian, perdagangan dan kuliner.

“Bagi masyarakat Balangan, maka bergeraknya kegiatan ekonomi di wilayah tersebut memang penting dalam rangka memulihkan ekonomi daerah,”jelasnya.

Adapun pada kegiatan kunker tersebut imbuh Susi, didapatkan kunci utama dalam pemulihan ekonomi, yakni berada di tangan pemangku kebijakan. Sehingga dengan begitupemerintah harus memberikan keleluasaan kepada pelaku ekonomi agar perekonomian daerah tak terus-menerus terpuruk.

“Namun yang perlu diingat, meski sudah tidak ada lagi pembatasan sosial dan aktivitas lainnya, namun protokol kesehatan tetap harus diterapkan dan menjadi kunci utama dijalankan,” ujarnya.

Dari hasil kunker ungkap Susi, maka materi yang didapat dari kunker tersebut akan dibahas pada tingkat internal DPRD.Kemudian hasil pembahasan akan disampaikan ke Pemko Palangka Raya sebagai masukan strategis dalam menyiapkan pemulihan ekonomi.

“Dari hasil agenda kunker hari ini, setidaknya akan kami sampaikan kepada perangkat daerah terkait. Sehingga, ada gambaran untuk menyiapkan pemulihan ekonomi di Kota Palangka Raya,” pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!