DPRD KatinganKatingan

81 Napi Lapas Kelas IIA Kasongan Gunakan Hak Pilih

Sebanyak 81 napi tahanan Lapas Kelas IIA Kasongan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Tengah, rabu (9/12/2020).

KASONGAN – Sebanyak 81 napi tahanan Lapas Kelas IIA Kasongan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, rabu (9/12/2020).

Para tahanan lapas ikut berpartisipasi untuk memberikan hak pilihnya dalam penyelenggaraan pilkada. Para napi tersebut melakukan pencoblosan di area lapas yang sudah disediakan oleh para petugas lapas dan KPU Katingan.

Foto : Salah satu napi lapas kelas IIA Kasongan usai mencoblos dan memasukan surat suara ke kotak suara.

Kalapas Kasongan Ahmad Hardi menjelaskan, bahwa awalnya Daftar Pemilih Tetap (DPT) di lapas kelas IIA kasongan berjumlah 92.

“Sebelumnya DPT di lapas ini sebanyak 92 orang, namun ada 11 orang tahanan masa pidana nya berakhir sehingga pemilih di lapas berjumlah saat ini berjumlah 81 orang,”Jelasnya.

Kalapas menuturkan, 11 orang yang bebas ini sudah di berikan form untuk melakukan pemilihan di daerahnya.

Dari sisa kertas suara yang ada tersebut, ada juga panitia dari petugas lapas yang punya hak pilih juga sehingga Kalapas meminta persetujuan dari KPU Katingan.

“Petugas dilapas ini juga ada hak pilih mereka juga dalam pilkada, sehingga kami meminta izin kepada KPU Katingan agar petugas dilapas bisa ikut memberikan hak suara sehingga tidak perlu bingung mencari tempat memilih. Dan dari KPU juga mengizinkan para petugas memberikan hak suaranya di
lapas kelas IIA Kasongan yang masuk dalam TPS 26,”Tutupnya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *