Gunung Mas

Benahi Layanan Kesehatan Guna Mendapatkan Akreditasi

FOTO : Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas, Hj. Barkiah.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga medisnya hingga semua Puskesmas di daerah itu mengantongi akreditasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas, Hj. Barkiah mengatakan, sejauh ini terdapat 15 Puskesmas yang telah mendapatkan akreditasi Dasar dan dua Puskesmas lainnya berhasil mengantongi akreditasi Madya.

“Kami setiap tahun terus berupa melakukan peningkatan, baik kualitas pelayan maupun fasilitas kesehatan agar masyarakat benar-benar terlayani secara maksimal,” ungkapnya, Selasa (7/5/2019).

Menurutnya, akreditasi Puskesmas terbagi menjadi empat kategori, yaitu Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

“Total ada 17 Puskesmas yang memiliki akreditasi Madya maupun Dasar, sedangkan ada dua Puskesmas yang sampai saat ini belum mendapatkan akreditasi, yakni di Desa Tumbang Mahuroi dan Tumbang Lapan,” sebutnya.

Barkiah menuturkan, pemerintah pusat maupun provinsi akan melakukan survei setiap tahun guna menilai sekaligus menaikan status Puskesmas ke jenjang lebih tinggi.

“Pemerintah daerah diharapkan melengkapi sarana dan prasarana kesehatan yang ada sembari melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas SDM yang ada,” katanya.

Menurutnya, seluruh Puskesmas di daerahnya dituntut memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat. Hal itu guna menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan berjalan lebih baik dari tahun ke tahun.

“Kepuasan masyarakat adalah kunci pelayanan Puskesmas yang baik dan tercapainya kualitas pelayanan yang optimal. Ini yang terus kita tekankan kepada Puskesmas, kekurangan fasilitas bukan kendala dalam melayani,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!