Kotawaringin Timur

Titik Api Bermunculan, Kotim Siaga Karhutla

"Status siaga Karhutla harus menjadi perhatian semua pihak,” kata Bupati Kotim, Halikinnor usai apel gabungan kesiapsiagaan menghadapi Karhutla di lapangan markas Batalyon B Satbrimob Polda Kalteng, Selasa (2/3/20221).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT Pemkab Kotawaringin Timur menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).  Penetapan itu diambil mengingat sudah ada beberapa hostpot (titik api) terpantau di daerah tersebut.

“Status siaga Karhutla harus menjadi perhatian semua pihak,” kata Bupati Kotim, Halikinnor usai apel gabungan kesiapsiagaan menghadapi Karhutla di lapangan markas Batalyon B Satbrimob Polda Kalteng, Selasa (2/3/20221).

Halikinnor mengatakan, penetapan status lebih awal ini dilakukan mengantisipasi segala bentuk atau potensi terjadinya Karhutla. Pihaknya tidak ingin kebakaran sudah terjadi, baru status ditingkatkan.

Mantan Sekda Kotim itu menambahkan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo terdapat beberapa aspek pengendalian Karhutla. Antara lain memprioritaskan pencegahan jangan sampai terlambat dengan manajemen lapangan yang terkonsolidasi dan terorganisasi.

“Semua unsur harus bergerak melakukan deteksi dini hotspot, dan terpenting mencari Informasi kondisi yang update,” tegasnya.

Selain itu, dia meminta, agar tim memanfaatkan teknologi monitoring system dashboard, serta melibatkan babinsa dan bhabinkamtibmas, serta kades untuk memberikan edukasi kontinyu pada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan.

Selain itu, tim juga bisa memberikan pemahaman pada masyarakat agar dalam membuka lahan  tanpa dibakar.  Menata ekosistem gambut dengan mempertahankan persediaan air juga menjadi tugas penting.  (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *