Kotawaringin Timur

UPTD Dermaga Dishub Kotim Data Kelotok Wisata Susur Sungai

KOTIM – Untuk turut mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Porprov XII Kalteng di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, UPTD Dermaga Dinas Perhubungan Kotim melaksanakan kegiatan pendataan kelotok wisata susur sungai.

Kepala Dinas Perhubungan Kotim Suparmadi melalui Kepala UPTD Dermaga Agus Budiono, mengatakan pendataan ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung selama berwisata susur sungai.

“Terkait pelaksanaan Porprov XII Kalteng di Sampit, UPTD Dermaga diminta untuk mendata kelotok susur sungai yang dianggap layak, pada Sabtu (22/07/2023), ternyata dari sekitar 40 kelotok yang didata hanya ada 25 kelotok dengan kapasitas 10 penumpang yang dianggap layak,” jelas Agus, Selasa (25/07/2023).

Ia menyebutkan, kelotok yang dianggap layak adalah kelotok yang memiliki dimensi dan ukuran yang sesuai serta memiliki alat keselamatan kapal.

“Hasil pendataan ini telah kami sampaikan ke dinas lalu diserahkan ke pihak panitia kegiatan Porprov,” ujarnya.

“Saat pendataan, kami juga mendata tarif carteran kelotok wisata tersebut, untuk saat ini tarif carter dengan rute PPM-Bandara pulang pergi Rp.150 ribu, lalu PPM-Bandara-Mesjid Terapung Ketapang pulang pergi Rp.250,” terangnya.

Namun dalam rangka turut memeriahkan gelaran Porprov ke XII Kalteng kali ini, untuk biaya carter kelotok wisata susur sungai bagi para atlet Porprov akan sepenuhnya ditanggung oleh Pemkab Kotim.

“Kadis Perhubungan Kotim telah menyampaikan bahwa untuk para atlet Porprov biaya carternya akan ditanggung oleh pemerintah daerah alias gratis,” ujarnya.

“Kami juga mengingatkan kepada para pemilik kelotok agar kenyamanan dan keselamatan penumpang harus diutamakan, jangan sampai muatannya overload, dan kami personil UPTD Dermaga selalu siap dalam pengamanan baik di Dermaga Habaring Hurung maupun pengamanan dengan menggunakan Speed Boat dalam pengawasan lalu lintas angkutan sungai,” pungkas Agus. (Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!