DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Kerajinan Rotan Khas Palangka Raya Bisa Jadi Produk Unggulan

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Dari beragam macam produk kerajinan bernilai kearifan lokal di Kota Palangka Raya, maka kerajinan berbahan dasar rotan dinilai memiliki potensi menjadi produk kerajinan unggulan.

Seperti pada event Palangka Raya Fair 2018, tampak sejumlah stand-stand UMKM memajang hasil produk kerajinan rotan berupa tas, topi, sandal, keranjang dan lain-lain. Bentuk olahannya pun sangat unik, cantik dan menarik, sehingga banyak para pengunjung singgah sekedar melihat dan tidak sedikit yang tertarik membeli.

“Kerajinan tangan berbahan rotan, bila bisa dikembangkan dapat menjadi produk unggulan bagi Kota Palangka Raya,”ungkap Timoteus Nusan yang merupakan pemerhati sosial, seni- budaya Kalteng, saat ditemui disela berkunjung ke arena pameran Palangka Raya Fair, Selasa (28/8/2018)

Selama ini kata dia, masih banyak kelompok pengrajin bahkan UMKM yang menghasilkan produk kerajinan berbahan rotan untuk dipasarkan. Hanya saja disayangkan, para penggelut usaha kerajinan ini tidak memiliki “bapak angkat” alias minim dukungan dalam hal pengembangan termasuk permodalan.

Padahal, upaya inovasi kerajinan rotan yang dilakukan para penggelutnya, terus berkembang guna mengikuti selera jaman. Itu dapat dilihat dari motif, maupun seni olahnya agar bisa memikat pasar.

Terlepas dari itu semua, maka yang diperlukan para pengiat usaha kerajinan ini adalah selain pemerintah harus kuat dalam melakukan pemberdayaan, disisi lain peran pelaku dunia usaha, seperti mall ataupun mini market dan swalayan harus bisa memberi tempat serta membantu pengembangannya.

“Jadi tidak hanya sebatas ada kegiatan pameran kerajinan ini baru terlihat. Namun selepas itu, perlu ada terobosan dan bantuan dari banyak pihak dalam tindak lanjut lain,”cetus Timoteus yang juga merupakan staf pengajar di Universitas Palangka Raya ini.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!