HEADLINEKalteng Berkah

Edy Pratowo Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar terpusat di Gedung Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini mengusung Tema 'Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh'.

FOTO : Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo beserta sejumlah pejabat provinsi lainnya saat hadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual melalui video conference di aula Jayang Tingang kantor gubernur setempat, Selasa (1/5/2021).

 

 

GERAKKALTENG.com – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual melalui video conference di aula Jayang Tingang kantor gubernur setempat, Selasa (01/5/2021).

Sebagai informasi bahwa Menteri Dalam Negeri menginstruksikan kepada gubernur, bupati/walikota untuk melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila melalui virtual reality. Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar terpusat di Gedung Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini mengusung Tema ‘Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh’.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar di Gedung Pancasila. Peserta Upacara terdiri dari Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Staf Khusus Presiden dan Kepala Staf. Sementara itu, secara virtual dihadiri gubernur, forum koordinasi Pimpinan daerah provinsi, bupati/walikota dan forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten/kota se-Indonesia.

Dalam amanatnya, Presiden RI H. Joko Widodo menyampaikan Peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. H. Joko Widodo menekankan agar mewaspadai meningkatnya rivalitas dan kompetensi termasuk rivalitas antar-pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar-ideologi.

Kepala Negara mengutarakan, perluasan dan pendalaman nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi terutama industri 4.0. Pancasila sekaligus menjadi kontes dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang ke Indonesiaan.

“Saya mengajak seluruh Aparat Pemerintahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan”, tandas H. Joko Widodo.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni 1945 telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Berdasarkan Keputusan Presiden tersebut, segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Wakil Gubernur Kalteng didampingi Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri dan Anggota Forkopimda Prov. Kalteng. (Kominfo/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *