HEADLINEKalteng Berkah

Wagub Kalteng Pimpin Strategi Percepatan Vaksinasi

“Kami sengaja melaksanakan rapat strategi percepatan vaksinasi sebagai tindak lanjut dari petunjuk dan arahan gubernur terkait pelaksanaan Percepatan dalam rangka vaksinasi di Kalteng. Sebagai gambaran, kita mengetahui bahwa vaksinasi ini diharapkan sampai dengan akhir Agustus masyarakat Kalteng bisa mencapai 70 persen," tuturnya.

FOTO : Wagub Kalteng, H. Edy Pratowo saat pimpin strategi percepatan vaksinasi di aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (17/6/2021).

 

GERAKKALTENG.com – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo pimpin rapat strategi percepatan vaksinasi di aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (17/6/2021).

H. Edy Pratowo dalam arahannya menyampaikan Rapat ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Gubernur Kalteng Nomor : 188.54/71/2021 tanggal 3 Juni 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Prov. Kalteng.

“Kami sengaja melaksanakan rapat strategi percepatan vaksinasi sebagai tindak lanjut dari petunjuk dan arahan gubernur terkait pelaksanaan Percepatan dalam rangka vaksinasi di Kalteng. Sebagai gambaran, kita mengetahui bahwa vaksinasi ini diharapkan sampai dengan akhir Agustus masyarakat Kalteng bisa mencapai 70 persen,” tuturnya.

H. Edy Pratowo mengharapkan pelaksanaan vaksinasi massal ini bisa dilakukan secara menyeluruh untuk membentuk herd immunity.

“Hal yang paling penting bagaimana program vaksinasi massal ini bisa dilakukan secara menyeluruh dalam rangka untuk membentuk herd imunity, sehingga hal ini bisa melindungi masyarakat kalteng untuk tidak mudah terkena Covid-19,” imbuhnya.

Terkait strategi percepatan vaksinasi, Wagub Kalteng mengungkapkan sesuai arahan Gubernur Kalteng sebagai model pelaksanaan dimulai dari Kota Palangka Raya.

“Terkait strategi percepatan vaksinasi, bapak gubernur menginstruksikan sebagai model pelaksanaan. Kita akan melalukan dimulai Kota Palangka Raya terlebih dahulu,” tandas H. Edy Pratowo.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul dalam laporannya menyampaikan strategi percepatan vaksinasi di Kalteng melibatkan Dinas Pendidikan untuk mobilisasi sasaran wali kelas, melibatkan perguruan tinggi untuk mobilisasi sasaran mahasiswa yang berusia 18 tahun ke atas.

Suyuti Syamsul mengutarakan, strategi lainnya yakni memperbanyak pusat-pusat vaksinasi selain rumah sakit, Puskesmas dan klinik seperti di Mall, hotel, cafe, rumah makan, Perkantoran Pemerintah dan swasta, tempat-tempat ibadah, tempat-tempat umum (pasar, terminal, tempat wisata, sekolah, kampus perguruan tinggi), mobil vaksinasi / vaksinasi bergerak dan Drive thru. Kedua Sweaping berbasis RT.

“Ketiga Pemilihan waktu vaksinasi (pagi, siang, malam). Keempat pemberian hadiah bagi peserta vaksinasi melalui undian. Terakhir pemberian reward bagi vaksinator yang dapat mencapai target vaksinasi sampai 31 Oktorber 2021,” katanya. (Diskominfo/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *