Kalimantan Tengah

Kementerian Agama Kalteng Gelar Takbir Akbar Iduladha 1442 H Secara Virtual

FOTO : Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri kegiatan Takbir Akbar Virtual Hari Raya Iduladha 1442 H yang digelar Kementerian Agama RI. Acara ini dihadiri secara virtual dari ruang Rapat Wakil Gubernur Kalteng, Senin (19/7).

GERAKKALTENG.COM – PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri kegiatan Takbir Akbar Virtual Hari Raya Iduladha 1442 H yang digelar oleh Kementerian Agama RI. Acara ini dihadiri secara virtual dari ruang Rapat Wakil Gubernur Kalteng, Senin (19/7). Tema kegiatan ini adalah “Solidaritas Bersama Untuk Indonesia yang Sehat”.

Takbir Akbar Virtual Hari Raya Iduladha 1442 H dihadiri langsung oleh Presiden H. Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH. Maaruf Amin. Bertindak sebagai pemimpin takbir adalah Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta KH. Said Agil Husin Al Munawar. Acara ini disiarkan secara langsung oleh TV Nasional, live streaming Youtube Kemenag RI dan media lainnya.

Presiden H. Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Iduladha tahun ini diperingati secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Namun tidak mengurangi Kehidmatan kita dalam menyampaikan rasa syukur dan segala Puji bagi Allah SWT”, ucap Jokowi.

Iduladha mengandung pesan-pesan mulia, pesan pengorbanan dan kemanusiaan, pesan universal yang faktual dan patut menjadi pegangan di saat Bangsa dan Negara menghadapi pandemi seperti sekarang ini. Iduladha dikenal dengan sebutan “Idul kurban”, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Kurban itu sendiri artinya dekat, sehingga kurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, diberikan kepada fuqoro’ wal masaakiin.

Sementara itu, Wagub H. Edy Pratowo usai menghadiri Takbir Akbar Virtual menyampaikan momentum Iduladha ini dimaknai sebagai introspeksi diri, rela berkorban demi kepentingan masyarakat. Pengorbanan harus dilandasi rasa ikhlas, sabar, terlebih menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Dengan peringatan Iduladha tahun ini, dapat lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT dan selalu berdoa agar pandemi bisa cepat berakhir. Sehingga masyarakat bisa kembali sehat dan pulih,” pungkas Edy. (sig/sbt)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!