DPRD Gunung MasGunung Mas

Selama Pandemi, Kaum Perempuan Gumas Banyak Kehilangan Pekerjaan

”Pemberdayaan perempuan di masa pandemi Covid-19 harus dilakukan untuk menciptakan perempuan yang kreatif, inovatif, dan terampil, sehingga mampu meningkatkan taraf perekenomian dan kesejahteraannya,” ucap Raya, Jumat (9/7/2021).

GERAKKALTENG.com – KUALA KURUN – Dimasa pandemi virus ini, begitu banyak kaum perempuan yang kehilangan pekerjaan, khususnya di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) ini. Maka itu, perlu adanya kegiatan dalam mengisi keseharian dan menutupi kebutuhan keluarga mereka.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas, Rayaniatie Djangkan meminta kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, supaya dapat memberdayakan perempuan di masa pandemi Covid-19.

”Pemberdayaan perempuan di masa pandemi Covid-19 harus dilakukan untuk menciptakan perempuan yang kreatif, inovatif, dan terampil, sehingga mampu meningkatkan taraf perekenomian dan kesejahteraannya,” ucap Raya, Jumat (9/7/2021).

Menurut, ibu dua orang anak ini menuturkan, bahwa hal tersebut sebagai upaya pemberdayaan perempuan bisa dilakukan di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sektor tersebut berperan penting dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

“Misalnya di sektor UMKM berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja serta penanggulangan kemiskinan di tengah pandemi Covid-19. Tentu sektor ini harus didukung, sehingga akan semakin berkembang serta memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah,” terangnya.

Selain itu dia menyebut, untuk mewujudkan perempuan yang terampil serta mampu menjadi pelaku UMKM yang baik, maka perlu adanya dukungan pemkab melalui perangkat daerah terkait bahkan pemerintah desa, dengan membuat pelatihan yang meningkatkan keterampilan perempuan.

“Kaum perempuan harus memiliki keterampilan yang membuat mereka mandiri, dapat menciptakan usaha yang mampu menambah pendapatan serta meningkatkan kesejahteraan hidup,” jelasnya.

Politisi dari daerah pemilihan (dapil) I mencakup Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Sepang ini menambahkan, seorang perempuan yang berdaya, tentunya akan menjadi perempuan yang cakap dalam keterampilan, menjadi penolong bagi diri sendiri dan keluarga.

“Keingin kita kaum perempuan di Kabupaten Gumas agar menjadi handal dengan keterampilan yang dimiliki. Supaya dapat membangun, UMKM untuk kebaikan hidupnya, keluarga dan masyarakat,” imbuhnya. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *