HEADLINEPalangka Raya

Sertifikat Tanah Elektronik Dijamin Lebih Aman

Gerakkalteng.com –  Palangka Raya – Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu menyambut baik adanya kebijakan sertifikat tanah elektronik, karena kebijakan itu sejalan dengan pesatnya kemajuan zaman yang saat ini serba digital.

Hal itu disampaikan Hera, usai mengikuti secara virtual acara penyerahan sertifikat hak atas tanah dan launching sertifikat tanah elektronik oleh Presiden Republik Indonesia, di Aula Rahan Universitas Palangka Raya (UPR), Senin (4/12/2023).

Lanjut Hera mengatakan, dengan telah diluncurkan sertifikat tanah elektronik tersebut, maka akan membawa sisi positi bagi masyarakat.

“Diantaranya, untuk menghindari kejadian tak diinginkan. Seperti hilang, terbakar, dicuri atau terendam banjir. Itu karena bentuk dokumen elektronik bisa kapan pun diakses, dan dijamin lebih aman,” tambahnya.

Adapun dalam acara penyerahan sertifikat hak atas tanah dan launching sertifikat elektronik tersebut, Presiden Joko Widodo meminta agar implementasi sertifikat tanah elektronik sangat penting bagi masyarakat, yakni mengurangi risiko kehilangan, pencurian, serta kerusakan akibat dari bencana.

“Sedangkan dari sisi pemerintah, memudahkan untuk pengelolaan data, menghemat biaya transaksi, dan juga meningkatkan kerahasiaan dan keamanan data,” jelasnya.

Presiden pun meminta Kementerian ATR/BPN bersama seluruh jajarannya di Indonesia, untuk mensosialisasikan layanan sertifikat tanah elektronik itu.

“Tidak hanya di perkotaan, tapi juga sampai ke desa-desa di seluruh Indonesia. Beri informasi sejelas-jelasnya, sedetail-detailnya, agar masyarakat mengerti dan tidak bingung,”tandasnya.(Red/Dn/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!