DPRD Kota Palangka RayaHEADLINEPalangka Raya

Penerapan Prokes Merupakan Kunci Cegah Covid-19

"Penerapan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, telah menjadi sebuah kunci mencegah terpapar Covid-19. Hal inilah yang nantinya menjadi sebuah kebiasaan,” katanya, Sabtu (30/10/2021).

GERAKKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto mengatakan, masyarakat saat ini harus siap hidup berdampingan dengan pandemi Covid -19, dalam artian setiap orang siap membiasakan diri dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes).

“Penerapan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, telah menjadi sebuah kunci mencegah terpapar Covid-19. Hal inilah yang nantinya menjadi sebuah kebiasaan,” katanya, Sabtu (30/10/2021).

Sigit menyampaikan, saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III dan seminar nasional tahun 2021, Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) telah membahas tentang bagaimana kesiapan menyambut pandemi menjadi endemi.

Topik itu dibahas kata dia, bukanlah tanpa sebab, terutama dengan melihat progress sebaran Covid- 19 di Republik Indonesia (RI) dalam kurun waktu dua tahun terakhir, kasusnya selalu mengalami kenaikan dan juga penurunan.

“Asumsi kita pandemi Covid-19 di dunia ini seolah sulit hilang dalam waktu dekat. Maka itu selaku legislator kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk siap hidup berdampingan dengan pandemi ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Adeksi ini menjelaskan, untuk bisa menerapkan kebiasaan berdampingan dengan pandemi ini, maka diperlukan penyesuaian perilaku dan pola fikir atau mind set dari masyarakat. Terutama kesadaran vahwa pandemi Covid -19 di negara ini masih belum berakhir.

Hal itupun ditunjukkan masih diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh provinsi hingga kabupaten atau kota. Mulai level satu hingga level empat, sesuai dengan resiko sebaran Covid -19 dan kasus aktif yang terdapat di daerah tersebut.

“Maka itulah, upaya untuk menurunkan kasus Covid-19 diperlukan peran aktif masyarakat. Terutama perilaku dan pola fikir atau mind set dari masyarakat untuk tetap menjalankan secara disiplin prokes tersebut,” pungkasnya. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *