DPRD Kotawaringin Timur

Segera Lakukan Pencegahan Terhadap Karhutla

"Kami minta dinas terkait tidak hanya sekadar siap untuk memadamkan api saja tetapi yang terpenting adalah lebih kepada pencegahannya supaya kebakaran lahan Kabupaten Kotim dapat diminimalisir. Pencegahan tersebut bisa melalui sosialisasi terhadap masyarakat, agar tidak membakar lahan," kata Sanidin saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (27/1/2022).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H Sanidin SAg meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk lebih siap menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah ini. Salah satunya yang paling ditekan adalah terhadap pencegahannya, supaya kebakaran lahan di Kabupaten Kotim ini bisa diminimilisir.

“Kami minta dinas terkait tidak hanya sekadar siap untuk memadamkan api saja tetapi yang terpenting adalah lebih kepada pencegahannya supaya kebakaran lahan Kabupaten Kotim dapat diminimalisir. Pencegahan tersebut bisa melalui sosialisasi terhadap masyarakat, agar tidak membakar lahan,” kata Sanidin saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (27/1/2022).

Dirinya mengatakan pada Selasa (25/1) kemarin kebakaran lahan kosong dikawasan Kota Sampit sudah mulai terjadi di Jalan Pelita Barat dan MT Haryono Barat, lahan kosong tersebut ada pemiliknya, tetapi tidak terawat dibiarkan ditumbuhi rumput dan semek-semak belukar sehingga mudah terbakar, apalagi dalam beberapa hari ini cuaca lumayan cukup panas.

“Dalam hal ini kita tidak menyalahkan pemilik lahan, tetapi lebih kepada asal mu asal apinnya dari mana, dan kalau itu sengaja dibakar pasti ada pelakunya artinya sosialisasi dari dinas atau intansi terkait masih kurang sampai kemasyarakat,” ucap Sanidin.

“Kami menghimbau masyarakat untuk tidak menyalakan api sembarangan yang akan megakibatkan terjadinya kebakaran lahan, mari kita bersama-sama menjaga dan mencegah supaya tidak terjadi kebakaran lahan, karena asapnua juga sangat berdampak terhadap kesehatan masyarakat,” tutupnya (Ok/Sog).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!