Kotawaringin Timur

Pelayanan Puskesmas Cempaka Mulia Jadi Tujuan Pengawasan

"Saya kemarin mengunjungi puskesmas Cempaka, untuk melihat pelayanan di sana, dan sempat berinteraksi dengan para pengunjung yang ingin berobat. Selain itu saya juga dapat langsung bertemu muka dengan para dokter, perawat serta bidan untuk memberikan semangat dan masukkan agar selalu memberikan layanan terbaik untuk masyarakat jangan memandang martabat, miskin dan kaya semua sama harus dilayani dengan baik," kata Irawati Senin (31/1/2022).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Terkait adanya laporan masih buruknya pelayanan Puskesmas Cempaka Mulia Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Wakil Bupati Irawati meninjau langsung pelayanan di Puskesmas tersebut. Tujuannya untuk memberikan masukkan agar selalu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang ingin berobat.

“Saya kemarin mengunjungi puskesmas Cempaka, untuk melihat pelayanan di sana, dan sempat berinteraksi dengan para pengunjung yang ingin berobat. Selain itu saya juga dapat langsung bertemu muka dengan para dokter, perawat serta bidan untuk memberikan semangat dan masukkan agar selalu memberikan layanan terbaik untuk masyarakat jangan memandang martabat, miskin dan kaya semua sama harus dilayani dengan baik,” kata Irawati Senin (31/1/2022).

Dirinya juga mengatakan, Puskesmas memiliki peran penting dalam menunjukkan keberadaan pemerintahan khususnya untuk memberikan pelayanan kepada warga di daerahnya, karena baik atau buruknya pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada suatu daerah, adalah cermin wajah daerah tersebut.

“Dengan adanya Puskesmas kehadiran dan peran pemerintahan dapat dirasakan oleh warga masyarakat, dan pemerintah daerah sudah memberikan infrastruktur, peralatan, perlengkapan serta fasilitas penunjang lainnya sehingga sudah seharusnya tidak ada lagi keluhan pelayanan kesehatan,” ucap Irawati.

Ia juga mengimbau kepada seluruh kepala puskesmas agar mereka mampu mengatur atau mengelola Puskesmas yang dipimpinnya guna menunjang pelayanan yang baik kepada masyarakat secara optimal terutama bagi masyarakat yang tidak mampu, jangan sampai mereka yang berobat tidak dilayani karena tidak memiliki kartu BPJS ataupun lainnya.

“Kami meminta semua puskesmas yang ada di Kabupaten Kotim ini agar dapat mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat, dan diharapkan dapat memperbaiki kinerja diseluruh jajaran sehingga lebih baik lagi, jangan sampai ada lagi keluhan dari masyarakat terkait pelayanan kesehatan,” ujar Irawati.

Dirinya juga mengakan beberapa waktu lalu Bupati Kotim H Halikinnor telah meminta Pelayanan Jaminan Persalinan (Jampersal) di seluruh fasilitas kesehatan atau puskesmas di Kabupaten Kotim tetap berjalan, walaupun anggaran yang habis dan itu tidak boleh dijadikan alasan untuk menghentikan program tersebut.

“Bupati kemarin mengatakan Jampersal harus tetap berjalan, karena sangat dibutuhkan masyarakat, karena masyarakat bisa mendapatkan pelayanan persalinan secara gratis, walaupun anggaran untuk hal program tersebut telah habis, tetapi pelayanan kesehatan Jampersal harus tetap berjalan sebagaimana mestinya,” sampai Irawati.

Masyarakat juga diminta untuk mengurus kepesertaan BPJS Kesehatan sejak awal. Hal ini untuk memudahkan warga apabila nantinya memerlukan pelayanan kesehatan, sehingga tidak tergesa-gesa dalam pengurusan,” tutupnya. (ib/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *