DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Kuatkan Sektor Perikanan

SAMPIT-Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur mengapresiasi keberadaan dan kehadiran kelompok usaha perikanan atau masyarakat yang membudidaya ikan. Hal ini membuat persedian ikan khususnya di Kotim mampu bertahan dan memiliki potensial jika dikelola dengan baik. Apalagi program dari pemerintah yang sangat membantu para kelompok perikanan, mulai dari bibit sampai kepada bagaimana cara membudidaya ikan secara baik.

Dinas Perikanan Kotim beberapa bulan terakhir melakukan kegiatan sosialisasi dan temu bicara kepada beberapa kelompok tani yang terdiri dari beberapa kecamatan yang ada di Kotim. Tujuannya adalah, agar kehadiran pemerintah khususnya dinas perikanan dapat memberikan penyuluhan, bantuan dan bagaimana membudidaya ikan secara baik. Dan hasilnya, sudah banyak kelompok tani yang mengapresiasi kunjungan dan penyuluhan yang dilakukan oleh dinas perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Kotim Heriyanto menjelaskan, dinas perikanan bukan saja memberikan bantuan bibit ikan, sosialisasi atau pun penyuluhan, akan tetapi memberikan kemudahan khususnya dalam memantau pengukuran perahu nelayan dan juga membanyu pembuatan ijin kapal nelayan secara gratis bersama KSOP Sampit. Ini dilaksanakan di Desa Ujung Pandaran beberapa waktu lalu.

“Kami juga melakukan kegiatan yakni kunjungan dan bertemu dengan kelompok nelayan Hapakar Huras di Desa Bajarau Kecamatan Parenggean. Ini dilakukan sebagai upaya melihat dan mendengar keluh kesah para kelompok nelayan di sana,” paparnya.

Dirinya juga mengharapkan, hasil tangkapan nelayan ikan di sana semakin sukses dan harga tetap stabil.

“Sektor perikanan ini sangat strategis, sebab masyarakat satu hari saja tidak makan ikan rasanya kurang lengkap menunya. Inilah kenapa sektor ini penting sekali kita prioritaskan dan memang pemerintah pusat ingin para nelayan ikan dan pembudidaya ikan semakin sejahtera dan mandiri ke depannya,” pungkasnya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!