Kalimantan TengahKotawaringin Barat

Pemprov Kalteng Gelar Rakor Program Industri Dan Perdagangan

FOTO : Bupati Kobar, Hj. Nurhidayah saat melihat Pameran Produk unggulan IKM Kobar di Lobby Hotel Brits Pangkalan Bun.

GERAKKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng, di Hotel Brits Pangkalan Bun, Kamis (17/2/2022).

Rapat ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah. Dalam sambutannya, Hj. Nurhidayah menyampaikan Rapat Koordinasi Bidang Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2022 kali ini mengambil tema “Penguatan Perdagangan dan Perindustrian Dalam Meningkatkan Pertumbuhan dan Pemulihan Ekonomi Menuju Kalteng Semakin Berkah”.

“Saya sangat mengapresiasi kehadiran saudarasaudara sekalian dalam rapat koordinasi ini yang bertujuan untuk mewujudkan sinergitas dan sinkronisasi program pembangunan sektor perdagangan dan perindustrian antara pemerintah pusat, provinsi dengan kabupaten/kota dalam rangka mendukung percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan bidang perdagangan dan perindustrian se-Kalimantan Tengah menuju Kalteng Semakin Berkah,” ucap Bupati Kobar Hj. Nurhidayah saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Hj. Nurhidayah berharap peran Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mendorong pembangunan di bidang perdagangan dan perindustrian di Kalteng melalui program kegiatan yang sejalan dengan Pemerintah Pusat.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2021 yang lalu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik nilai ekspor bersih perdagangan Kalteng surplus sebesar USD 3.050 juta, melampaui target yang ditetapkan yaitu USD 1.050 juta, sehingga persentase capaiannya adalah sebesar 290,47 persen.

“Fakta ini sangat membanggakan kita dan agar bisa dipertahankan,” tuturnya.

“Saya juga mengimbau untuk mempromosikan produk unggulan daerahnya dalam kegiatan-kegiatan pameran, salah satunya pada Kalteng Quality Expo Tahun 2022 yang rencananya akan diselenggarakan untuk menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-65 tahun,” sambungnya.

Diharapkan juga, dalam rakor perdagangan dan perindustrian ini tidak hanya sinkronisasi dan sinergitas program kegiatan saja, namun juga diharapkan akan lahirnya ide dan pemikiran-pemikiran baru dalam kaitannya dengan program pengembangan dan penguatan sektor perdagangan dan industri di daerah masing-masing.

Dalam laporannya Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrin Prov. Kalteng Aster Bonawaty selaku ketua pantia penyelenggara menyebut bahwa kaksud dan tujuan dari Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng ini adalah untuk menyamakan persepsi dan mensinergikan alur pikir pelaksanaan program dan kegiatan di Bidang Perdagangan dan Perindustrian Tahun Anggaran 2022 dan rencana kegiatan Tahun Anggaran 2023 serta isu-isu strategis sehingga terdapat kesamaan langkah untuk mewujudkan pembangunan Kalteng yang semakin berkah.

Rakor dirangkai dengan kegiatan Pameran Produk unggulan IKM Kobar di Lobby Hotel Brits Pangkalan Bun. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan dari Kementerian Perdagangan RI Wawan Kurniawan dan Lusiana Tanjung, Anggota DPRD Kabupaten Kobar, Anggota Forkompimda Kabupaten Kobar serta Kepala Dinas yang membidangi Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten/Kota se-Kalteng. Narasumber kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng ini adalah Pejabat dari Kementerian Perdagangan RI, Pejabat dari Kementerian Perindustrian RI, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UKM Kabupaten Kotawaringin Barat. (Don/MMC)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *