Kotawaringin Timur

RPJMD Kotim Musti Selaras Hingga ke Desa

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Desa, Lurah, Camat se Kabupaten Kotim serta masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) baik di tingkat desa, Kelurahan hingga Kecamatan dalam rangka merumuskan proritas kegiatan pembangunan daerah untuk tahun 2023 nanti," kata Halikin.

GERAKKALTENG.COM – SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar konsultasi publik rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) untuk tahun 2023 di Aula Sei Mentaya Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda), Senin (7/2/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kotim H Halikinnor, Wakil Bupati Irawati, Sekertaris Daerah Fajrurrahman, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotim H Rudianur, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), Camat, Lurah serta Kepala Desa Se Kabupaten Kotim.

Bupati mengatakan kegiatan ini merupakan momentum yang strategis untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan agar dapat selaras baik di tingkat Desa hingga Kabupaten, dengan adanya saling komunikasi dan koordinasi sehingga mampu menjawab isi sosial yang strategis dan permasalahan pembangunan di tahun 2003 mendatang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Desa, Lurah, Camat se Kabupaten Kotim serta masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) baik di tingkat desa, Kelurahan hingga Kecamatan dalam rangka merumuskan proritas kegiatan pembangunan daerah untuk tahun 2023 nanti,” kata Halikin.

“Pembangunan Daerah juga merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilaksanakan sesuai kondisi dan kebutuhan nyata daerah dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan ini harus ada harmonisasi dan sinkronisasi antara kebijakan pembangunan daerah dan pembangunan nasional,” tambahnya.

Dirinya juga menyampaikan RPJMD itu juga mempunyai lima misi yaitu mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mewujudkan penguatan ekonomi masyarakat dalam pengentasan kemiskinan dan penyediaan lapangan kerja, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa (good governance), dan mewujudkan Kabupaten Kotim yang nyaman, lestari dan berbudaya.

“Visi dan misi tersebut juga memperhatikan dan menyelaraskan dengan visi dan misi Gubernur Kalimantan Tengah, dan pemerintah pusat serta berpedoman pada arah pembangunan dalam RPJPD Kabupaten Kotim Tahun 2005-2025,” tutupnya. (ib/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *